ADVERTISEMENT

Selasa, 26 Jul 2022 20:30 WIB

6 Obat Asam Urat Alami, Ampuh Redakan Nyeri Sendi

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
Tanda asam urat Obat asam urat alami yang bisa dicoba di rumah. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Boyloso)
Jakarta -

Asam urat (gout) adalah jenis radang sendi yang menyebabkan rasa sakit akibat dari menumpuknya asam urat di dalam darah. Selain obat medis, bahan-bahan alami yang bersumber dari alam juga dipercaya bisa menjadi obat asam urat yang ampuh meredakan nyeri.

Dikutip dari Healthline, terdapat beberapa bahan alami dengan kandungan tertentu yang dipercaya mampu mengobati asam urat. Penanganan dokter adalah hal yang tepat untuk pengobatan asam urat, namun tidak ada salahnya untuk mencoba obat asam urat alami berikut.

Obat Asam Urat Alami

1. Ceri

Menurut survei tahun 2016, ceri adalah obat rumahan untuk asam urat yang telah dirasakan efeknya oleh banyak orang. Segala bentuk ceri memiliki khasiat yang sama dalam mengatasi asam urat, baik itu yang berwarna merah atau hitam, bahkan dalam bentuk ekstrak maupun sebagai jus.

Studi tahun 2012 juga menyarankan agar ceri digunakan sebagai bahan untuk pencegahan serangan asam urat. Penelitian ini merekomendasikan untuk mengonsumsi ceri dalam bentuk apapun selama periode dua hari untuk hasil yang efektif.

2. Jahe

Jahe adalah ramuan yang banyak diresepkan untuk obat peradangan. Sebuah studi menemukan bahwa jahe topikal dapat mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan asam urat.

Rebus air dengan satu sendok makan parutan jahe segar, kemudian rendam kain lap bersih dalam campuran tersebut. Setelah dingin, tempelkan lap tersebut ke area yang dirasa nyeri setidaknya sekali sehari selama 15 hingga 30 menit.

Tak hanya itu, konsumsi jahe juga perlu dilakukan agar dampak yang dirasakan lebih terasa. Rebus dua sendok teh parutan jahe ke dalam air mendidih selama 10 menit, minum ramuan tersebut setidaknya tiga kali sehari.

3. Seledri

Ekstrak dan biji sayuran seledri telah populer menjadi obat rumahan untuk mengatasi asam urat. Meskipun penelitian tentang hal ini masih sedikit, seledri dipercaya dapat mengobati peradangan.

Jumlah seledri yang direkomendasikan untuk pengobatan asam urat belum ada penelitiannya. Namun, disarankan untuk mengonsumsi seledri dalam jumlah yang cukup, atau membeli ekstrak seledri dan ikuti petunjuk penggunaannya.

4. Apel

Apel adalah buah yang mengandung asam malat, senyawa yang dipercaya dapat menurunkan asam urat. Beberapa situs kesehatan alami juga merekomendasikan apel sebagai obat alami dalam meredakan nyeri asam urat.

Seseorang bisa mengonsumsi satu buah apel segar untuk mendapatkan khasiatnya. Tidak disarankan untuk mengonsumsi apel terlalu banyak dalam sehari, karena apel mengandung fruktosa yang dapat meningkatkan asupan gula harian.

5. Pisang

Pisang adalah buat yang kaya akan potasium, sehingga dapat membantu jaringan dan organ dalam tubuh berfungsi dengan baik. Hal itulah yang membuat pisang bisa menjadi obat asam urat yang alami.

Perlu diingat bahwa pisang juga mengandung gula, termasuk fruktosa yang dapat meningkatkan asupan gula harian jika dikonsumsi terlalu banyak. Disarankan untuk mengonsumsi pisang satu buah sehari agar mendapatkan manfaat yang baik.

6. Teh Jelatang

Jelatang atau Urtica dioica adalah bahan herbal yang bisa digunakan untuk pengobatan asam urat. Belum ada penelitian yang mengatakan secara pasti bahwa jelatang ampuh mengobati asam urat, namun jika ingin mencoba bisa dengan memasukkan satu hingga dua sendok teh jelatang kering ke dalam secangkir air panas. Diamkan, dan minum teh tersebut sebanyak tiga cangkir per hari.

Itulah beberapa bahan alami yang dipercaya dapat menjadi obat asam urat. Jika nyeri pada persendian terus terjadi hingga mengganggu aktivitas sehari-hari, segera hubungi dokter.



Simak Video "Dokter: Gejala Penyakit Pasca-Lebaran Biasanya Tidak Spesifik"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT