ADVERTISEMENT

Jumat, 10 Jun 2022 17:17 WIB

6 Obat Asam Urat Alami, Efektif dan Mudah Dicari

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Womans leg hurts, pain in the foot, massage of female feet at home Obat asam urat alami. Ilustrasi sakit asam urat (Foto: iStock)
Jakarta -

Kadar asam urat yang tinggi di dalam darah bisa mengakibatkan penumpukan hingga peradangan di persendian. Selain obat medis, beberapa obat asam urat alami juga bisa membantu mengatasi asam urat.

Dikutip dari Medical News Today, Jumat (10/6/2022) asam urat adalah salah satu jenis radang sendi yang terjadi karena adanya penumpukkan kristal asam urat. Kondisi yang dikenal gout ini juga bisa terjadi pada area sendi mana pun, seperti pergelangan kaki, jari kaki, lutut, dan paling sering di jempol kaki.

Apabila kadar asam urat di dalam darah sudah berlebihan, ini akan menyebabkan pembentukan kristal di sendi. Kristal ini akan memicu peradangan, sehingga pengidap akan mengalami gejala berupa nyeri dan bengkak pada sendi, biasanya terjadi di kaki.Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urine. Namun, pada kondisi tertentu, asam urat juga bisa menumpuk akibat tubuh menghasilkan asam urat dalam jumlah tinggi atau mengalami gangguan.

Jika sudah terjadi, pengobatan tentunya perlu dilakukan, salah satunya menggunakan obat asam urat alami. Namun, jika kondisi ini tak kunjung sembuh usai menggunakan obat asam urat alami, sebaiknya kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Obat Asam Urat Alami

Berikut beberapa obat asam urat alami yang bisa dicoba, aman dan efektif.

1. Ceri

Menurut survei tahun 2016, mengkonsumsi buah ceri asam, manis, merah, hitam, dalam bentuk ekstrak, sebagai jus, atau mentah, adalah obat asam urat alami yang sangat populer dan berpotensi berhasil.

Bahkan studi lain pada tahun 2012 juga menyarankan untuk mengkonsumsi ceri lantaran bisa mencegah serangan asam urat. Studi ini merekomendasikan mengkonsumsi tiga porsi ceri selama dua hari untuk mendapatkan hasil yang efektif.

2. Jahe

Jahe merupakan obat asam urat alami yang mudah sekali ditemukan. Selain untuk penyedap rasa, jahe juga bagus untuk mengontrol asam urat.

Caranya, didihkan air dan sediakan 2 sendok teh jahe, lalu tunggu selama 10 menit hingga tercampur rata. Konsumsi 3 gelas minuman jahe per hari agar mendapatkan hasil yang optimal.

Apabila tidak ingin dijadikan minuman, jahe juga bisa langsung ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Caranya, tempelkan jahe dengan air hangat, dan tunggu selama 15 hingga 30 menit.

3. Minum Banyak Air

Ketika seseorang mengidap asam urat, biasanya dapat mengalami pembengkakan dan peradangan yang signifikan. Salah satu obat asam urat alami untuk mengurangi gejala adalah minum banyak air.

Meningkatkan konsumsi cairan bisa membuat ginjal untuk melepaskan kelebihan cairan, sehingga mengurangi pembengkakan pada pengidap asam urat.

4. Seledri

Seledri merupakan makanan tradisional yang digunakan untuk masalah kemih dan asam urat. Ekstrak dan biji dari seledri telah menjadi pengobatan rumahan yang populer.

Meskipun masih sedikit penelitian ilmiah, namun seledri diyakini dapat mengurangi peradangan akibat asam urat. Cobalah mengkonsumsi seledri berkali-kali dalam sehari, termasuk batang seledri mentah, jus, ekstrak, atau biji-bijian.

5. Teh Jelatang

Tumbuhan jelatang telah dipercaya sebagai obat asam urat alami untuk meredakan peradangan dan rasa sakit akibat asam urat. Untuk mencobanya, bisa dibuat sebagai minuman hangat dengan merebus 1 hingga 2 sendok teh jelatang kering per cangkir, serta diminum hingga 3 gelas per hari.

6. Kompres Es

Menerapkan kompres es bisa dijadikan sebagai obat asam urat alami. Pasalnya, cara ini dapat membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh asam urat.

Cobalah mengoleskan kompres es atau benda dingin lainnya yang dibungkus dengan handuk tipis selama 20-30 menit untuk meredakan rasa sakit akibat asam urat.



Simak Video "Dokter: Gejala Penyakit Pasca-Lebaran Biasanya Tidak Spesifik"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT