Rabu, 02 Jan 2019 19:04 WIB

Keluar Lendir Ingus atau Dahak Saat Flu? Warnanya Tentukan Kesehatanmu

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Warna ingus bisa mencerminkan kondisi kesehatan kamu. (Foto: iStock) Warna ingus bisa mencerminkan kondisi kesehatan kamu. (Foto: iStock)
Jakarta - Hattchii! Duh, masuk musim hujan dan berangin ini memang membuat tubuh jadi rentan terserang flu. Saat batuk dan bersin, tak jarang pula kita ikut mengeluarkan lendir dalam bentuk ingus ataupun dahak.

Eits, jangan jijik dulu. Lendir merupakan zat penting yang diproduksi oleh tubuh untuk melindungi diri dari virus dan bakteri. Teksturnya lengket dan menjebak partikel-partikel asing yang kemudian bisa 'disapu bersih' oleh tubuh, demikian dikutip dari situs WebMD.

Lendir juga mengandung protein dan antibodi khusus untuk melawan kuman. Tubuh sebenarnya memproduksi banyak lendir, walau tubuh kita tidak sakit, karena fungsinya menjaga beberapa bagian tubuh agar tidak kering. Seperti di mulut, hidung dan area sinus, serta di beberapa dinding jaringan.



Tubuh kita memproduksi sekitar 1 hingga 1,5 liter lendir tiap harinya, kebanyakan kita telan dan bahkan tidak kita ketahui. Namun pada saat sakit, lendir menjadi lebih terlihat, terutama saat berubah warna dan teksturnya. Sehingga, warna dari lendir ini bisa menunjukkan kondisi kesehatanmu. Apa saja?

1. Bening dan berair
"Lendir yang paling sehat adalah yang berair dan bening," kata Omid Mehdizadeh, MD, dokter THT di Providence Saint John's Health Center, California.

2. Putih
Biasanya jenis lendir ini ada saat kita demam dan flu, di mana lendir yang berada di hidung menjadi lebih kental dan berwarna keputihan. Ini bisa jadi tanda tubuh sedang memompa sel-sel darah putih untuk melawan infeksi.

3. Kuning atau hijau
Warna lendir kuning atau hijau menunjukkan tubuh sedang terinfeksi. Dr Mehdizadeh menyebutkan bahwa warna hijau disebabkan oleh protein yang terlepas dari sel-sel inflamasi yang merupakan zat racun untuk membunuh kuman yang mencoba masuk.



4. Merah atau pink
Jika kamu sedang sakit dan sering batuk, terkadang lendir yang keluar ada sedikit darah di dalamnya. Bisa jadi ada pembuluh darah yang robek di hidung atau tenggorokan, namun dalam beberapa kasus bisa jadi tanda kanker. Untuk lebih pastinya segera periksakan ke dokter.

5. Cokelat atau hitam
Lendir berwarna gelap umum dialami para perokok berat atau orang yang bekerja di sekitar asap atau debu batu bara. Jenis lendir ini juga muncul pada pengidap penyakit paru kronis, karena warna ini merupakan campuran antara darah dengan inflamasi di dalam paru-paru.

Lendir berwarna putih, hijau atau kuning bisa hilang dengan sendirinya, namun jika disertai radang tenggorokan, demam atau kedinginan, periksakan ke dokter. Untuk sementara, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan air garam (berkumur atau mencuci hidung). Selain itu, mandi dengan air hangat juga bisa membantu, ditambah dengan rutin meminum air.

(frp/up)
News Feed