Kamis, 03 Jan 2019 07:30 WIB

Tips Sehat Mencuci Wajah Agar Bebas dari Jerawat

Ayunda Septiani - detikHealth
Cuci muka ternyata nggak bisa asal-asalan (Foto: Thinkstock) Cuci muka ternyata nggak bisa asal-asalan (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Mencuci muka bagi sebagian orang mungkin cukup dilakukan dengan asal-asalan. Setelah meletakkan sabun di telapak tangan, digosok dan dibilas saja tidak cukup lho.

Membiasakan diri untuk membersihkan wajah dengan benar dapat membawa perubahan besar dan mencegah dari sejumlah masalah pada kulit wajah. Kamu hanya perlu meluangkan waktu dan teknik yang tepat.

Dikutip dari Time of India, berikut ada beberapa langkah yang perlu kamu ikuti agar kulit tetap bersih dan terhindar dari masalah kulit wajah.



Simak selengkapnya.

1. Bersihkan make-up
Jika kamu tipikal yang suka bermake-up ke mana-mana, kamu harus bisa menguranginya. Terlebih jika kamu tertidur masih menggunakan make-up, itu akan menyebabkan jerawat dan kulit kamu akan menjadi kusam.

Perlu diketahui, kulit juga membutuhkan oksigen untuk bernapas. Jadi pastikan sebelum tidur kamu menghapus dengan bersih dan benar. Kamu bisa menggunakan pembersih muka yang berbahan minyak untuk menghilangkannya.

2. Hindari penggunaan sabun keras
Sabun yang keras bisa menghilangkan hidrasi alami dari kulit wajah, dan itu akan membuat kulit kamu terlihat kusam.

Gunakan pembersih lembut, yang tidak mengganggu keseimbangan pH kulit, dan membuat kulit tampak halus. Agar aman, kamu bisa memilih berbagai produk olahan organik yang tersedia saat ini.

3. Gunakan air hangat
Sebagian orang banyak mecuci muka mereka menggunakan air panas, yang artinya itu akan membuka pori-pori kulit wajah dengan sengaja.

Tapi kenyataannya, air panas tidak ramah apabila digunakan terus-menerus dan akan merusak kulit wajah. Suhu air yang ekstrim dapat menyebabkan iritasi pada kulit, sehingga kamu disarankan untuk tetap menggunakan air hangat.

4. Mencuci muka dengan tangan
Cara yang tepat untuk membersihkan wajah kamu adalah menggunakan ujung jari. Penggunaan tangan yang ketat dapat menyebabkan ruam pada wajah. Kamu bisa gosok dengan lembut menggunakan jari-jari, gerakan dilakukan menggosok gerakan memutar kedalam.

Ini akan mengencangkan kulih wajah kamu secara alami dan kotoran diwajah akan terangkat, ikuti prosesnya selama 1-2 menit.

5. Gunakan pelembab
Menggunakan pelembab setelah mencuci muka adalah hal yang sangat lazim untuk dicoba. Sebagian orang banyak yang tidak mengikuti ini, setelah mencuci muka dibiarkan saja tanpa menggunaan pelembab.

Dengan menggunakan pelembab setelah mencuci wajah, kulit wajah akan tetap menjaga agar tetap terhidrasi.

(up/up)