Kamis, 03 Jan 2019 19:56 WIB

Seperti Apa Rasanya Cuci Darah? Sstt, Begini Pengakuan Pasien

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pernahkah terbayang bagaimana rasanya cuci darah? (Foto: iStock) Pernahkah terbayang bagaimana rasanya cuci darah? (Foto: iStock)
Jakarta - Mungkin banyak pembaca yang bertanya-tanya, gimana sih rasanya cuci darah? Nah kali ini detikHealth berkesempatan menanyai pasien yang tengah menjalani proses cuci darah.

"Nggak sakit, paling pas suntiknya dimasukkan saja terasa nyeri sedikit selebihnya biasa saja," kata seorang pasien dari Rena Medika Klinik Hemodialisis, saat dijumpai di tempat yang sama, Kamis (3/1/2019).

Putrinya yang tengah menunggui sang ayah melakukan hemodialisis juga mengatakan seringkali pasien minta dipijit di tangan setelah melakukan cuci darah.



"Setelahnya minta dipijat di bagian tangan ini, mungkin pegal kali ya karena kan tangannya tidak boleh gerak sama sekali," ujar putrinya tersebut.

Pasien yang telah berusia lanjut itu juga terlihat rileks saat menjalani perawatan cuci darah sampai jatuh tertidur. dr Hani, dari Rena Medika Klinik Hemodialisis menuturkan tiap pasien akan mengalami efek yang berbeda ketika menjalani cuci darah.

"Efeknya bisa berbeda-beda tiap pasien. Ada yang biasa saja, ada juga yang mungkin agak kesakitan," pungkas dr Hani.

(kna/up)