Rabu, 09 Jan 2019 12:27 WIB

Asupan Omega 3 dan Omega 6 Tak Hanya Bersumber dari Ikan

Nabila Nufianty Putri - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Omega 3 dan omega 6 merupakan asupan yang penting dikonsumsi sehari-hari. Keduanya merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan jantung.

Demi mendapatkan asupan tersebut, selama ini orang hanya mengandalkan ikan salmon. Dikutip dari ABC Australia, satu porsi salmon Atlantik seberat 130 gram bisa mengandung tiga setengah gram omega 3.

Faktanya, ada asupan lain yang juga mengandung omega 3 dan omega 6. Medical Advisor Kalbe Nutritionals, dr. Ervina Hasti W, turut mengatakan omega 3 dan 6 tidak hanya bersumber dari ikan salmon.


"Omega 3 dapat diperoleh dari konsumsi ikan berminyak seperti makarel dan sarden serta bahan makanan bersumber tumbuhan seperti biji chia. Omega 6 terdapat pada minyak goreng dan kacang-kacangan seperti kedelai, almond, dan mede," ujar dr. Ervina kepada detikHealth, Selasa (8/1/2019).

Perlu diketahui, omega 3 merupakan asam lemak tak jenuh jamak (polyunsaturated) yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Selain menyehatkan jantung, omega 3 yang terdiri dari EPA, ALA, dan DHA berperan menjaga kekebalan tubuh dan mengendalikan peradangan.

Bahkan omega 3 bisa mencegah kerusakan otak untuk mencegah demensia saat masa tua dan membentuk energi serta meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL.

Sementara itu, omega 6 berfungsi membantu menurunkan kadar kolesterol sekaligus mengendalikan gula darah. Beberapa studi penelitian juga mengungkapkan omega 6 mengurangi berbagai gejala penyakit kronis seperti obesitas, diabetes, dan hipertensi

Maka dr. Ervina mengingatkan agar sejak dini menerapkan pola makan yang tepat, yakni dengan turut menyertakan asupan omega 3 dan omega 6 pada menu sehari-hari.


"Pola makan saat ini justru tinggi gula, karbohidrat, dan lemak. Sangat sedikit yang mengandung asam lemak omega 3. Defisiensi omega 3 dapat mempercepat perkembangan obesitas dan kerusakan jantung," jelasnya.

Untuk mendapatkan asupan omega 3 dan omega 6 dengan tepat, konsumsi Entrasol dengan rutin. Susu untuk orang dewasa ini juga dilengkapi kalsium dan vitamin tinggi demi mencegah osteoporosis serta mengandung hytolive (ekstrak zaitun) untuk mencegah terjadinya penuaan dini. (ega/up)