Kamis, 10 Jan 2019 09:17 WIB

Ustad Arifin Ilham Sempat Mengidap Kanker Nasofaring, Kenali Gejalanya

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Halaman 1 dari 6
Momen saat Presiden Jokowi menjenguk Arifin Ilham. Foto: Biro Pers Setpres Momen saat Presiden Jokowi menjenguk Arifin Ilham. Foto: Biro Pers Setpres
Jakarta - Ustaz Arifin Ilham beberapa waktu lalu menyatakan dirinya tak hanya mengidap kanker kelenjar getah bening, namun juga kanker nasofaring. Walau sempat dinyatakan sembuh dari kedua kanker tersebut, namun belakangan ia kembali dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Dikutip dari Mayo Clinic, kanker nasofaring atau yang disebut nasopharyngeal carcinoma (NPC) merupakan bentuk kanker yang langka dari kanker leher dan kepala. Kanker ini menyerang daerah nasofaring yang terletak di belakang hidung dan di atas bagian belakang tenggorokan (faring).

Kanker ini cukup sulit untuk dideteksi lebih dini, sebab area nasofaring tak mudah untuk diperiksa dan gejalanya mirip-mirip dengan demam atau flu, seperti sakit kepala dan hidung tersumbat. Bahkan pada stadium awalnya, kanker ini bisa tak menunjukkan gejala sama sekali.


"Gejala-gejala ini sering dianggap gejala flu biasa dan diabaikan begitu saja, sehingga banyak orang yang tidak sadar menderita kanker nasofaring dan datang dalam keadaan terlambat," jelas dr Budianto Komari, Sp.THT dari KSMF THT RS Kanker Dharmais, beberapa waktu lalu.

Gejala kanker nasofaring bisa meliputi hal-hal berikut ini: (frp/up)
News Feed