Kamis, 10 Jan 2019 13:30 WIB

Mengapa Seseorang Bisa Kena Dua Kanker Sekaligus?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Seseorang bisa idap dua kanker sekaligus? Foto: thinkstock Seseorang bisa idap dua kanker sekaligus? Foto: thinkstock
Jakarta - Beberapa waktu lalu, Ustad Arifin Ilham dinyatakan mengidap kanker kelenjar getah bening stadium 4A dan juga kanker nasofaring. Namun dalam waktu dua bulan tiga hari dirinya bisa bersih dari kanker tersebut.

"Alhamdulillah ini karunia Allah. Dokternya juga terkejut, dia bilang '16 tahun saya jadi dokter, baru kali ini saya mengobati seorang hamba Allah yang mengidap penyakit kanker nasofaring dan getah bening stadium 4A dalam dua bulan, tiga hari dibersihkan oleh Allah," kata sang ustad di salah satu tayangan infotainment beberapa waktu lalu, dikutip dari detikHOT.

Lalu, bagaimana ia bisa idap dua kanker sekaligus?


Situs WebMD menyebut kanker dalam stadium lanjut bisa bertumbuh dan menyerang struktur terdekat. Kanker nasofaring atau nasopharyngeal carcinoma (NPC) bisa menyebabkan komplikasi bila tumbuh terlalu besar dan menyerang struktur terdekat seperti tenggorokan, tulang dan otak.

Kebanyakan pengidap NPC memiliki penyebaran atau metastase regional, yang artinya hanya berkisar di area tempat tumor itu berada awalnya dan 'bermigrasi' ke area terdekat, seperti kelenjar getah bening di leher.

Oleh karena itu bisa jadi kelenjar getah bening pengidap tersebut mengalami kerusakan atau menjadi kanker seperti yang dialami Arifin Ilham. Sementara pada kasus metastase yang ke area tubuh lain umumnya mengarah ke tulang, paru-paru dan hati.

Kondisi kesehatan Ustad Arifin Ilham sempat menurun setelah dirinya mengatakan sudah sembuh dari kanker getah bening stadium 4A. Dirawat beberapa hari di RSCM, Ustad Arifin Ilham kini akan menjalani pengobatan di Malaysia.

(frp/up)
News Feed