Kamis, 17 Jan 2019 17:33 WIB

Kanker Hati Seperti Diidap Almarhum Gebi Ramadhan, Adakah Gejala Khasnya?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Ilustrasi kanker hati. Foto: iStock
Jakarta - Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, komika Gebi Ramadhan dikabarkan telah meninggal dunia Selasa silam (15/1), setelah berjuang melawan kanker hati. Jenis kanker ini sulit dideteksi.

Kanker hati menurut Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia, Prof Dr dr Aru W Sudoyo, SpPD KHOM, FINASIM, FACP, adalah salah satu kanker yang cukup banyak ditemukan di Indonesia. Ditemui usai acara rencana peringatan Hari Kanker Sedunia yang bertema "Iam and I Will", Perhimpunan Onkologi Indonesia (POI), Kamis (17/1), di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr. Cipto Mangunkusumo (RSUPN-CM), detikHealth menanyakan soal kanker ini lebih lanjut.

Jadi, adakah gejala khasnya, Prof?

"Enggak, pada umumnya sakit nyeri, tapi kalau sudah nyeri biasanya sudah gede tuh. Hampir selalu terlambat," ujar Prof Aru.


"Kalau ada gede, lokasinya 'bagus' masih bisa diambil. Tapi di beberapa tempat udah nggak bisa kecuali transplantasi hati," tambahnya.

Akan tetapi biayanya tentu tidak sedikit. Masih kata Prof Aru, hanya sedikit juga yang bisa mengerjakan prosedur tersebut. Terlebih, tidak semua orang bisa menjalani transplantasi hati juga.

"Yang penting udah dewasa, biasakan check up dan USG, atau pemeriksaan darah AFP (alfa fito protein)," sarannya.

Kabar meninggalnya Gebi pertama kali disampaikan oleh Ernest Prakasa melalui akun Twitter miliknya.

"Di tengah perjuangannya berperang melawan kanker hati, @GebiRamadhan menyanggupi ajakan gue untuk main di @millymametmovie. Sekarang Gebi udah pergi. Selamat jalan, Geb. Kita semua sayang sama lo," tulis Ernest.

(ask/up)