Jumat, 18 Jan 2019 10:34 WIB

Pilek dan Flu Sudah Sembuh, Tapi Kok Masih Terus-terusan Batuk?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Flu dan batuk banyak menyerang di musim hujan (Foto: shutterstock) Flu dan batuk banyak menyerang di musim hujan (Foto: shutterstock)
Jakarta - Setelah berhari-hari, akhirnya gejala pilek dan flu seperti bersin dan hidung berair sudah mereda. Eh tapi kok, masih batuk-batuk nih? Duh kenapa ya?

Menurut Dr John Dougherty, ahli kesehatan dari UCLA Health di Beverly Hills, California, mengatakan beberapa orang yang terserang pilek dan flu sembuh dalam satu dua minggu atau beberapa hari, tergantung dari virus yang menyerang tubuhnya.

Batuk-batuk merupakan salah satu gejala pilek yang disebabkan oleh virus atau infeksi. Batuk merupakan respon imun untuk melawan penyakit.



"Tubuh memiliki sel darah putih yang bergerak untuk melawan apapun yang menyebabkan sakit, jadi, meski pilek dan flu telah mereda, tubuh tetap harus menyelesaikan peradangan yang menyebabkan gejala lain," tutur Dougherty, dikutip dari Healthline.

Sebab lain batuk tak kunjung reda yakni karena lendir yang menumpuk di rongga hidung dan sinus di belakang tenggorokan yang menciptakan efek menggelitik sehingga membuat ingin batuk.

Jika batuk berlangsung lama, bisa saja menjadi tanda bahwa tubuh terserang virus lain atau mengidap penyakit lainnya seperti asma, pneumonia, bahkan tuberkulosis.

"Gejala batuk harusnya hanya bertahan selama 5 hingga 7 hari, namun jika timbul hal lain seperti demam dan merasa tubuh tetap tidak kunjung reda, baiknya segera periksakan diri untuk memastikannya," pungkasnya.


Pilek dan Flu Sudah Sembuh, Tapi Kok Masih Terus-terusan Batuk?
(kna/up)
News Feed