Senin, 21 Jan 2019 06:56 WIB

Kenali Gejala Kanker Usus, Jenis Kanker yang Diidap Istri Ustad Maulana

Rosmha Widiyani - detikHealth
Kanker usus termasu salah satu jenis kanker paling mematikan (Foto: iStock) Kanker usus termasu salah satu jenis kanker paling mematikan (Foto: iStock)
Jakarta - Istri Ustaz Maulana, Nuraliyah M. Nur Maunala atau Umi Naorah, meninggal karena kanker usus. Sebelum Umi Naorah berpulang, sel kanker sudah menyebar hingga paru-paru.

"Sebenarnya sakitnya terdektisi Ramadan, sudah sakit drop, tidak bisa ke Jakarta tidak apa-apa karena dia sakit, Sampai bulan Muharram baru masuk RS Ibnu Sina. Habis itu, ternyata ada kanker di usus dan itu di anus, dekat anus," kata Ustaz Maulana dikutip dari detikHot.



Kanker usus sebetulnya bukan penyakit asing di Indonesia. Menurut dokter ahli pencernaan dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, FINASIM, kanker usus saat ini menjadi pembunuh utama wanita dan pria di seluruh dunia. Kanker umumnya ditemukan pada pasien berusia lebih dari 50 tahun, meski bisa terjadi pada usia yang lebih muda.

"Kanker usus kerap muncul tanpa gejala, namun harus waspada jika sudah menunjukkan tanda tertentu. Misal sulit atau sering buang air besar, yang kadang disertai pendarahan. Tanda lainnya adalah sakit perut berulang dan penurunan berat badan tanpa sebab," kata dr Ari pada detikHealth beberapa waktu lalu.

Gejala kanker usus kadang muncul seperti ambeien. Menurut dr Ari, risiko kanker usus 2 kali lebih besar pada pasien yang mengalami sulit BAB (Buang Air Besar). Apalagi jika telah memiliki faktor risiko, misal berada di lingkungan perokok dan kurang konsumsi sayur serta buah.



Simak Juga 'Istri Ustaz Maulana Tutup Usia':

[Gambas:Video 20detik]


(up/up)