Selasa, 22 Jan 2019 13:01 WIB

Viral 8 Versi Menulis 'X', Ternyata Faktor Ini yang Membuatnya Berbeda-beda

Widiya Wiyanti - detikHealth
8 versi menulis huruf X. Foto: detikHealth 8 versi menulis huruf 'X'. Foto: detikHealth
Jakarta - Viralnya delapan versi cara menulis huruf 'X' di media sosial menimbulkan pertanyaan, mengapa cara menulis setiap orang berbeda-beda?

Grafolog atau analis tulisan tangan, Deborah Dewi mengatakan bahwa ada beberapa hal yang memengaruhi gaya tulisan tangan seseorang, dan yang paling berpengaruh adalah karakter.

"Gaya tulisan terbentuk dari karakter si penulis. Dari seluruh karyawan kantor Mbak, semuanya pasti punya bentuk huruf berbeda," ujarnya saat dihubungi detikHealth, Selasa (22/1/2019).

"Nggak ada yang benar-benar identik, sekalipun itu anak kembar. Pasti ada bedanya," lanjutnya.



Karakter seseorang terbentuk dari kebiasaan yang selalu dilakukannya. Kebiasaan tersebut selalu melekat dalam diri seseorang sehingga menjadikan suatu karakter yang tertanam dalam diri.

Karakter yang dimaksud pun sangat luas, misalnya cara berpikir, cara membuat keputusan, cara menghadapi masalah, dan sebagainya.

Selain karakter, dominasi otak kanan atau kiri pun berpengaruh meskipun tidak signifika. Namun, Deborah menegaskan bahwa tulisan tangan seseorang tidak bisa menentukan orang tersebut cenderung otak kanan atau kiri.

"Manusia terlalu kaya kalau dibedakannya hanya dengan jenis otak kanan atau kiri. Nggak bisa sesederhana itu," tandasnya.

Lalu dari kedelapan versi menulis huruf 'X', bisakah ditafsirkan karakter seseorang? Tunggu ulasan Deborah di artikel selanjutnya, hanya di detikHealth!

(wdw/up)