Rabu, 23 Jan 2019 14:27 WIB

Melihat Ikon Komputernya Keluar Layar, Pria Ini Ternyata Kena Tumor Otak

Firdaus Anwar - detikHealth
Ketika tombol-tombol di layar kamu tampak melompat keluar, segera temui dokter. (Foto: GettyImages)
Jakarta - Seorang pria berusia 54 tahun awalnya tidak percaya ketika pelan-pelan melihat ikon aplikasi di komputernya keluar layar. Selama hampir 10 menit ikon tersebut melayang-layang di antara sang pria dengan layar sebelum menghilang ke sisi sebelah kiri.

Hal tersebut membuat sang pria langsung menemui dokter yang mendiagnosisnya dengan kondisi unik sindrom Alice di Wonderland. Kondisi yang namanya diambil dari dongeng fiksi ini dikarakteristikan bisa membuat pengidap mengalami kekeliruan persepsi tentang diri sendiri dan lingkungan sekitar.



Biasanya sindrom Alice di Wonderland muncul karena penyebab lain seperti epilepsi, pengaruh obat-obatan, migrain, infeksi, atau kondisi kejiwaan lain.

Pada kasus sang pria ia diketahui ternyata memiliki tumor otak ganas bernama glioblastoma. Sindromnya muncul diikuti gejala nyeri kepala, mual, dan sensitivitas ekstrem terhadap cahaya.

"Sampai sekarang, kemungkinan ini kasus sindrom Alice di Wonderland pertama akibat glioblastoma," tulis para dokter dalam laporannya di jurnal Neurocase seperti dikutip pada Rabu (23/1/2019).

Sang pria langsung menjalani operasi pengangkatan dengan laser dilanjutkan dengan kemoterapi lalu radiasi. Pengobatan sempat berhasil namun setelah satu tahun berlalu tumornya kembali di lokasi yang sama.

Menurut dokter sejauh ini pengobatan masih berhasil dan sudah 20 bulan semenjak kejadian sindrom Alice di Wonderland terakhir.



Tonton juga video 'Mengenal Faktor Risiko Kanker Usus':

[Gambas:Video 20detik]


Melihat Ikon Komputernya Keluar Layar, Pria Ini Ternyata Kena Tumor Otak
(fds/up)