Rabu, 23 Jan 2019 16:51 WIB

Ini Alasan Mengapa Kita Membenci Orang Tanpa Sebab yang Jelas

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Ilustrasi mengapa kita membenci orang tanpa alasan yang jelas. Foto: Thinkstock Ilustrasi mengapa kita membenci orang tanpa alasan yang jelas. Foto: Thinkstock
Jakarta - Pernah tidak tiba-tiba merasa tidak suka seseorang tanpa sebab yang jelas. Misalnya seorang wanita yang masuk dalam restoran favoritmu dan merasa 'ya benci aja'. Para peneliti di Stanford mungkin memiliki penjelasan: otak kita terprogram untuk menerima atau menolak tampilan wajah, tergantung pada budaya kita.

"Ketika kita bertemu orang lain, kita mungkin secara otomatis menyukai atau tidak menyukai mereka, tetapi kita mungkin belum tentu tahu mengapa. Penelitian kami menunjukkan bahwa budaya --melalui pengaruh yang ideal-- memainkan peran penting, yang dapat memiliki implikasi untuk siapa kita memilih untuk berteman dan makin dekat di masa depan," kata Jeanne Tsai, profesor psikologi Stanford seperti dikutip dari Ask Men.

Penelitian kecil ini mengamati 36 orang, 18 keturunan Eropa dan 18 keturunan Cina, akan tetapi hasil temuannya cukup kuat. Mereka diminta membaca wajah, yang berbeda berdasarkan ekspresi, ras, dan jenis kelamin sementara otak mereka dipindai.


Hipotesis para peneliti 'pengaruh ideal' (keadaan emosional yang dihargai secara budaya) akan memengaruhi persepsi mereka ternyata tepat. Orang kulit putih tampaknya sama-sama tertarik oleh ekspresi tenang dan bersemangat, sementara orang keturunan Cina cenderung ke arah ekspresi tenang. Aktivitas otak tampaknya berkorelasi dengan "pengaruh ideal."

"Orang lebih suka dan menghargai mereka yang mengekspresikan emosi positif yang paling dihargai oleh budaya mereka sendiri," ungkap Tsai.

Jadi, kalau kamu tiba-tiba saja merasa kesal dengan seseorang yang enggak kamu kenal, bisa jadi dikarenakan mereka menunjukkan ekspresi wajah yang negatif (bisa sedih, marah, atau kecewa) dan tidak menunjukan ekspresi positif yang sesuai dengan kebudayaan melekat denganmu.

(ask/up)
News Feed