Jumat, 25 Jan 2019 14:33 WIB

840 Donor Darah Sukarela Akan Diberikan Penghargaan Satyalancana

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi donor darah. Foto: Rachman Haryanto Ilustrasi donor darah. Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Antam akan memberikan penghargaan Satyalancana Kebaktian Sosial yang akan diserahkan oleh Presiden RI Joko Widodo kepada 840 donor darah sukarela yang sudah mencapai 100 kali.

Ini merupakan bentuk apresiasi bagi donor sudah menyumbangkan darahnya selama bertahun-tahun. Terdiri dari 826 pria dan 16 perempuan dari 23 provinsi di Indonesia.

"Paling banyak dari Jatim ada 345 orang, kemudian DKI Jakarta 155 orang, Jawa Tengah 104 orang, dan Jawa Barat 87 orang. Kendalanya adalah wanita sedikit," ujar Ketua Bidang Unit Donor Darah dr Linda Lukitasari Waseso saat ditemui di Markas Pusat PMI, Jakarta Selatan, Jumat (25/1/2019).



Donor yang mencapai 100 kali paling tua berusia 76 tahun yaitu FX Sudaryanto dari DKI Jakarta. Sedangkan yang termuda berusia 40 tahun yaitu Nico Samuel dari Banten.

Adapula yang menjadi donor apheresis termuda berusia 29 tahun, yaitu Agung Satriyo. Sementara donor terbanyak sebanyak 143 kali yaitu Syahroni yang berusia 61 tahun dari DKI Jakarta.

"Kalau donor reguler pendonor yang setiap 3 bulan mendonor darahnya. Kalau donor apheresis berbeda dengan donor 3 bulan sekali. Kalau donor reguler diambil seluruh darahnya satu kantong. Kalau donor apheresis hanya diambil komponen yang diperlukan, misal trombo apheresis. Hanya mengambil salah satu komponen yaitu trombosit," jelas Linda.

"Kalau trombo apheresis itu tidak cuma 5-10 menit, bisa 4-5 jam karena salah satu komponen diambil dan sisanya dimasukkan kembali oleh mesin, sehingga donor apheresis setiap 2 minggu," lanjutnya.

Pada Sabtu (27/1/2019), 840 orang ini juga akan diberikan cincin emas sebagai bentuk apresiasi Antam untuk para donor tersebut.

"Para pendonor sukarela ini pantas disebut sebagai pahlawan kemanusiaan," kata Wakil Ketua Umum PMI, Ginandjar Kartasasmita.




Tonton juga video 'DBD Ancam Jakarta, Anies Siapkan Ingub Khusus':

[Gambas:Video 20detik]


840 Donor Darah Sukarela Akan Diberikan Penghargaan Satyalancana
(wdw/up)