Selasa, 29 Jan 2019 17:15 WIB

Fakta di Balik Viral Penyuluhan KB yang Bikin Heboh Emak-emak

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Penyuluhan KB dalam video tersebut diwarnai reaksi heboh audiens (Foto: screenshot) Penyuluhan KB dalam video tersebut diwarnai reaksi heboh audiens (Foto: screenshot)
Topik Hangat Heboh Peragaan Alat KB
Jakarta - Beberapa waktu lalu, media sosial dihebohkan oleh sebuah video penyuluhan KB. Video tersebut menampilkan peragaan cara memasang kondom, yang direspons dengan gelak tawa para ibu yang menyaksikannya.

Lewat sebuah siaran pers, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) menyampaikan penjelasan soal video tersebut. Dikatakan, video tersebut merupakan kegiatan pelayanan KB gratis untuk IUD (Intra Uterine Device) dan implan.

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Peragaan cara menggunakan kondom dalam video tersebut dilakukan oleh bidan terlatih dan juga penyuluh KB.

"Video direkam dan diunggah ke media sosial tanpa sepengetahuan pihak dalam video tersebut," tulis BKKBN, seperti dikutip Selasa (29/1/2019).



Video penyuluhan KB di Kalimantan Timur jadi viral di Medsos.Video penyuluhan KB di Kalimantan Timur jadi viral di Medsos. Foto: screenshot


Terkait beredarnya video tersebut di media sosial, Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN Dwi Listyawardani juga telah menyampaikan pernyataan. Dalam wawancara dengan detikHealth, ia menegaskan ada etika yang harus ditaati.

"Penyebarluasan melalui video secara tidak terkendali bisa melanggar etika, misalnya tentang pembatasan audiens," jelasnya.





Tonton juga video 'Promosi KB Lewat Kampung Keluarga Berencana':

[Gambas:Video 20detik]

(up/wdw)
Topik Hangat Heboh Peragaan Alat KB