Selasa, 29 Jan 2019 18:06 WIB

Penampakan Alat Peraga yang Viral Hebohkan Emak-Emak di Penyuluhan KB

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
BKKBN memang memproduksi alat peraga untuk penyuluhan KB (Foto: BKKBN) BKKBN memang memproduksi alat peraga untuk penyuluhan KB (Foto: BKKBN)
Topik Hangat Heboh Peragaan Alat KB
Jakarta - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) mengakui video yang viral di media sosial adalah kegiatan penyuluhan KB oleh petugas. Alat peraga yang digunakan adalah buatan BKKBN dan sering dipakai dalam kegiatan sejenis.

"Alat peraga yang terlihat digunakan dalam video adalah alat peraga KIE KB dan Kesehatan Reproduksi yang disebut phantom model alat peraga reproduksi pria dan penis peraga untuk pemasangan kondom," demikian dikutip dari siaran pers BKKBN, Selasa (29/1/2019).

"Digunakan untuk membantu dalam menjelaskan atau menyampaikan informasi program KB terhadap pasangan usia subur (PUS)," lanjutnya.

Selain memproduksi alat peraga pemasangan kondom, BKKBN juga memproduksi alat peraga lainnya. Termasuk peraga alat dan obat kontrasepsi, model/peraga alat reproduksi wanita, VCD animasi tiga dimensi tentang organ reproduksi, bahkan hingga proses pembuahan dan pertumbuhan janin.


Video ini awalnya biasa-biasa saja hingga pecah gelak tawa dari audiens saat peragaan cara pasang kondom.Video ini awalnya biasa-biasa saja hingga pecah gelak tawa dari audiens saat peragaan cara pasang kondom. Foto: screenshot


Video yang viral di media sosial diambil dari kegiatan penyuluhan KB di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. BKKBN menegaskan kegiatan ini dilakukan oleh petugas terlatih, sedangkan videonya diambil dan diedarkan tanpa sepengetahuan pihak dalam video tersebut.

Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN Dwi Listyawardani mengatakan penyebarluasan video tersebut bisa melanggar etika. Dalam penyuluhan KB semacam itu, ada pembatasan audiens sehingga tidak boleh sembarangan direkam dan diedarkan.

(up/up)
Topik Hangat Heboh Peragaan Alat KB