Rabu, 30 Jan 2019 11:27 WIB

Flu Perut Menyerang Anak, Kenali Penyebabnya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Belakangan lagi banyak ibu-ibu mengeluh anaknya kena flu perut (Foto: iStock) Belakangan lagi banyak ibu-ibu mengeluh anaknya kena flu perut (Foto: iStock)
Jakarta - Belakangan ini, beredar kabar banyak anak-anak yang terserang flu perut. Tentu hal ini membuat para orangtua menjadi khawatir, sebab flu perut tidak sama seperti pilek atau flu biasa.

"Di dalam dunia medis sendiri sebenarnya tidak ada istilah flu perut. Sepertinya yang dimaksud flu perut ini adalah gastroenteritis," kata dr Meta Hanindita, SpA, saat dihubungi detikHealth, Rabu (30/1/2019).



dr Meta menambahkan, penyebab 'flu perut' bisa beragam. Mulai dari virus, bakteri dan parasit. Nampaknya, cuaca yang ekstrim bukan menjadi penyebab utama dari flu perut.

"Gastroenteritis adalah infeksi yang menyerang saluran cerna anak. Infeksi ini dapat disebabkan oleh virus, bakteri atau parasit (lain)," tambahnya.

Dikutip dari laman mydr.com, bakteri yang umumnya menyebabkan gastroenteritis termasuk E. coli, Salmonella atau Campylobacter. Bakteri gastroenteritis biasanya terjadi karena mengonsumsi makanan atau air yang terkontaminasi. Beberapa bakteri menghasilkan racun yang dapat menyebabkan keracunan makanan parah, mengakibatkan kram perut dan muntah beberapa jam setelah makan.

(kna/up)