Rabu, 30 Jan 2019 14:30 WIB

Biaya Nikah 'Cuma' 600 Ribu Bikin Heboh Warganet, Realistis Nggak Sih?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Nikah murah, realistis nggak ya? Foto: Repro Instagram @makrumpita Nikah murah, realistis nggak ya? Foto: Repro Instagram @makrumpita
Jakarta - Tampaknya soal nikah murah masih banyak diminati oleh beberapa warganet. Namun satu biaya nikah murah dengan rinciannya yang diunggah oleh akun gosip Instagram @makrumpita menuai banyak komentar dari warganet. Pasalnya, dalam rincian tersebut diklaim dapat menyelenggarakan pernikahan hanya dengan 600 ribu rupiah.

Dalam unggahan tersebut ditulis modal nikah bisa dilakukan gratis di Kantor Urusan Agama (KUA), dilanjutkan dengan syukuran sederhana sekitar 300 ribu rupiah dengan memotong ayam sendiri, mas kawin sebesar 200 rb rupiah, lalu 'yang penting sah' kemudian bulan madu dilakukan ke pantai dengan naik motor sendiri dan membawa bekal.

Beberapa warganet menyebut biaya tersebut tidak realistis. detikHealth juga mencoba mewawancarai beberapa di antaranya. Seperti Anggi, karyawati swasta yang sedang mempersiapkan pernikahan bersama sang kekasih menyebut biaya tersebut tidak realistis dan susah mendapatkan izin orang tua.


"Tamu undangan, saudara, tetangga makan apa? Baju nikah gimana, makeup, seserahan. 600 ribu bakal jadi bahan gunjingan orang-orang dibilang pelit. Nikah insya Allah sekali seumur hidup kenapa nggak coba bikin yang terbaik? Tapi tidak terlalu berlebihan ya yang sampai ratusan juta itu nggak perlu banget," tutur wanita berusia 25 tahun ini.

Sama seperti Anggi, Hames (28) menyebut biaya tersebut tidak realistis. Pria yang sudah menikah selama 2,5 tahun ini menyebutkan biaya untuk menikah lebih dari 600 ribu. Seperti administrasi KUA yang bisa mencapai 600 ribu rupiah, namun ia mengetahui bahwa harga tersebut hanya berlaku saat di luar jam kerja.

Namun di balik kehebohan soal tidak realistisnya biaya nikah tersebut, ada juga yang menjawab berbeda. Bagi Feri (25), biaya tersebut cukup realistis ketika seseorang benar-benar ingin nikah dan tak mau ribet. Hanya dengan mendaftar, mengurus ke KUA untuk administrasi lalu menikah.

"Buat gue 600 ribu realistis aja, asal emang pasangannya emang komitmen. Buat gue mending uang nikah yang gede, diabisin buat beli atau bikin rumah atau honeymoon yang bagus," terangnya.


Bagaimana denganmu, Healthy Friends? Apakah biaya di atas realistis atau tidak? Kalau kamu punya pengalaman soal biaya nikah 'murah', yuk bagikan kisahmu ke email redaksi@detikhealth.com. (frp/up)