Kamis, 31 Jan 2019 14:59 WIB

Flu Berat Vs Flu Ringan, Bedanya Apa Sih?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi flu. Foto: iStock
Jakarta - Belakangan Calon Presiden Prabowo Subianto dikabarkan tengah sakit flu berat yang memaksanya harus beristirahat total. Flu berat apakah sama dengan flu yang kerap kita alami?

Dokter dari Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI)-RSUP Persahabatan, dr Fathiyah Isbaniah, SpP(K) FIRS mengatakan bahwa perbedaan berat atau ringannya flu terlihat dari gejalanya.

"Flu ringan gejalanya cuma pilek, biasanya tanpa demam," ujarnya saat dihubungi detikHealth, Kamis (31/1/2019).



"Kalau berat biasanya sampai demam berhari-hari, nggak bisa bangun dari tempat tidur, nyeri-nyeri hebat, dan lama sembuhnya," lanjut dr Fathiyah.

Untuk flu ringan, dr Fathiyah sebut bisa sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu 2-3 hari. Sedangkan flu berat bisa lebih dari 5 hari dan disertai dengan infeksi sekunder.

"Influenzanya sudah selesai terus ada infeksi lanjutan. Misalnya infeksi paru-paru hingga bisa menjadi pneumonia," tuturnya.

Beratnya flu tergantung pada daya tahan tubuh seseorang. Semakin lemah daya tahan tubuhnya, maka bisa jadi semakin lama seseorang itu sembuh dari flu.

(wdw/up)