Jumat, 01 Feb 2019 17:25 WIB

Mr P Digerogoti Kanker karena Sering Masturbasi, Mungkinkah Terjadi?

Kireina S. Cahyani - detikHealth
HPV penyebab kanker penis bisa menular lewat hubungan seksual (Foto: thinkstock) HPV penyebab kanker penis bisa menular lewat hubungan seksual (Foto: thinkstock)
Jakarta - Walaupun relatif jarang terdengar, kanker penis memang ada dan bisa menyerang pria manapun. Namun bila ada yang mengaitkannya dengan kebiasaan masturbasi, tunggu dulu. Dokter bisa menjelaskannya.

Dokter urologi dari RS Mayapada, dr Akbari Wahyudi Kusumah, SpU, menjelaskan bahwa kanker penis disebabkan oleh infeksi HPV (Human Papiloma Virus). Jenis virus yang sama dengan penyebab kanker serviks pada wanita, dan tidak ada hubungannya dengan masturbasi.

"Masturbasi tidak ada kaitannya dengan luka di luar. Kanker penis itu terjadi berupa infeksi akibat Human Papiloma Virus (HPV) dan hygienennya yang buruk. Jadi nggak ada masturbasi yang dapat meningkatakan risiko kanker penis," jelas dr Akbari saat dihubungi detikHealth, Jumat (1/2/2019).



Jangankan masturbasi. Infeksi pada Mr P pun tidak serta merta bisa memicu kanker penis, hanya infeksi HPV yang bisa memicu penyakit tersebut. HPV ditularkan antara lain lewat kontak langsung, misalnya saat berhubungan badan.

"Penyebab utama kanker penis adalah HPV, kalo wanita yang terkena HPV itu bisa terjadi pada wanita kanker serviks yang suka gonta-ganti pasangan, dan lain sebagainya. Intinya berhubungan badan," lanjut dr Akbari.

(up/up)
News Feed