Sabtu, 02 Feb 2019 17:23 WIB

Pria Ini Masturbasi Sembarangan, Ternyata Efek Stroke

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kerusakan otak akibat stroke memicu perubahan perilaku pada seorang pria (Foto: iStock) Kerusakan otak akibat stroke memicu perubahan perilaku pada seorang pria (Foto: iStock)
Jakarta - Serangan stroke menyebabkan efek yang tak terduga pada seorang pria 67 tahun di Spanyol. Ia mengalami perubahan perilaku yang membuatnya nekat masturbasi di depan kerabat tanpa sedikitpun merasa malu.

Kepada dokter, para kerabat juga melaporkan pria yang tidak disebutkan namanya ini melontarkan kata-kata kotor. Mereka meyakini ada yang tidak beres dengan perilaku si pria dan meminta dokter untuk memeriksa.

Tim medis di Hospital Universitario de Mostoles lalu melakukan serangkaian tes, namun tidak menemukan ketidaknormalan pada fungsi otak. Mereka pun merencanakan pemeriksaan CT Scan untuk melihat struktur otak si pria.

Hasilnya, ditemukan ada bayangan sebesar 5 cm di bagian frontal lobe, yang mirip tumor otak non agresif. Tim yang dipimpin Dr Rafael Garcia Carretero menjatuhkan diagnosis subacute anterior cerebral artery stroke. Stroke 'senyap' yang nyaris tak bergejala.



Kasus ini dilaporkan dalam jurnal ilmiah BMJ Case Reports. Disebutkan, pasien mengalami frontal lobe syndrome yang disebabkan oleh stroke. Kondisi seperti ini jarang dilaporkan.

Pasien mendapat perawatan selama sepekan di rumah sakit, dan perilakunya mulai berubah seperti semula. Ia juga mendapat pengobatan untuk mencegah serangan stroke muncul lagi.

"Pria tersebut tidak pernah menyadari perubahannya sendiri dan keluarganya bilang dia tidak bisa menafsirkan suasana hati orang lain," kata Dr Garcia, dikutip dari Dailymail.

(up/wdw)
News Feed