Minggu, 03 Feb 2019 19:25 WIB

Menangis Itu Sehat, Redakan Stres hingga Obati Nyeri

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Halaman 1 dari 6
Ari Lasso menenangkan Dul yang tengah berurai air mata (Foto: Instagram Dul Jaelani) Ari Lasso menenangkan Dul yang tengah berurai air mata (Foto: Instagram Dul Jaelani)
Jakarta - Konser Dewa 19 di Malaysia diwarnai tangis dua putra Ahmad Dhani, Dul Jaelani dan Al Ghazali. Keduanya tak kuasa menahan air mata saat lagu-lagu sang ayah dibawakan di atas panggung.

Al dan Dul punya alasan untuk menangis haru, mengingat ayah mereka saat ini tengah mendekam di penjara. Seharusnya, Ahmad Dhani ikut tampil dalam konser tersebut. Namun posisinya digantikan oleh si bungsu Dul.

Tangis dan air mata erat kaitannya dengan emosi. Saat sedih, marah, atau bahagia, kelenjar yang terletak di antara kelopak dan bola mata akan memproduksi lebih banyak air mata tanpa harus diperintah oleh otak.

Namun air mata bukan hanya dipicu oleh faktor emosi. Ada juga yang diproduksi sebagai refleks untuk melindungi mata dari iritasi. Produksinya meningkat ketika ada partikel debu atau senyawa tertentu seperti saat mengupas bawang.



Apapun penyebabnya, tetesan air mata selalu punya sisi positif bagi kesehatan. Berbagai manfaat sehat yang bisa didapat dari tangisan dirangkum sebagai berikut. (up/fds)