Rabu, 06 Feb 2019 07:40 WIB

Mantan Miss Universe Dayanara Torres Didiagnosis Kanker Kulit

Widiya Wiyanti - detikHealth
Dayanara Torres mengidap kanker kulit melanoma. Foto: Getty Images
Jakarta - Kabar menyedihkan datang dari Miss Universe 1993 Dayanara Torres, ia mengabarkan bahwa dirinya telah didiagnosis kanker kulit atau melanoma.

Dalam unggahannya di Instagram, Torres menyebutkan bahwa ada tahi lalat besar yang diabaikannya menjadi suatu tanda awal dari melanoma.

"Hari ini saya punya berita sedih... Saya telah didiagnosis menderita kanker kulit 'melanoma' dari bintik besar atau tahi lalat yang tidak pernah saya perhatikan, meskipun itu baru, telah tumbuh selama bertahun-tahun dan permukaannya tidak rata," kata Torres dikutip dari Rappler.



[Gambas:Instagram]



Ratu kecantikan Puerto Riko itu mengatakan bahwa tunangannya Louis D'Esposito lah yang memintanya melakukan pemeriksaan. Hasilnya positif setelah Torres menjalani biopsi dan pembedahan. Kini ia tengah menunggu pengobatan apa yang akan dijalaninya.

"Mereka (re- dokter) telah menghilangkan area besar dari belakang lutut saya dan mereka juga telah menghilangkan dua kelenjar getah bening di bagian atas kaki saya di mana itu sudah menyebar. Berharap itu tidak menyebar ke area lain atau organ lain," harapnya.

Meskipun khawatir, namun Torres menyerahkan segalanya kepada Tuhan. Ia pun mengingatkan semua pengikutnya di Instagram untuk menjaga dirinya sendiri dan mewaspadai tanda awal dari kanker kulit melanoma.



Tanda-tanda tahi lalat yang tidak normal dan kerap mengindikasikan melanoma kerap disingkat ABCDE. Berikut ini arti singkatan tersebut:

A = Asymetrical
Tahi lalat dengan satu sisi sangat berbeda dengan sisi yang lainnya, perlu dicurigai.

B = Irregular Border
Tahi lalat dengan pinggiran tidak rata, berlekuk atau bahkan tidak jelas pinggirnya, juga bisa menandakan melanoma.

C = Change in color
Warna yang tidak merata, atau bahkan berubah warna.

D = Diameter
Tahi lalat yang tumbuh hingga lebih dari 6 milimeter.

E = Evolving
Bukan hanya perubahan bentuk maupun warna, perlu juga diwaspadai perubahan lain pada tahi lalat seperti gatal dan berdarah.



Tonton juga video 'Kenali Kanker Kulit Melanoma, Penyebab Kematian Istri Rasyid Rajasa':

[Gambas:Video 20detik]


Mantan Miss Universe Dayanara Torres Didiagnosis Kanker Kulit
(wdw/up)