Rabu, 06 Feb 2019 13:21 WIB

Jomblo atau Sudah Punya Pasangan, Bisa Ketahuan dari Bau Badan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pria jomblo memiliki bau badan lebih kuat. (Foto: iStock) Pria jomblo memiliki bau badan lebih kuat. (Foto: iStock)
Jakarta - Pria lajang cenderung memiliki bau badan yang lebih kuat daripada mereka yang mempunyai pasangan. Hal ini dikatikan dengan penelitian sebelumnya yakni pria lajang yang diklaim memiliki kadar testosteron yang lebih tinggi.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Frontiers in Psychology, para peneliti merekrut para pria untuk berkeringan dan meminta wanita mencium kaos untuk melihat apakah ada perbedaan yang dapat didekesi pada bau badan.

Penelitian yang dilakukan pada 82 pria berusia 18-35 tahun ini menemukan bahwa pria yang memiliki pasangan memiliki skala 3 dari 6 pada tingkatan bau badan. Sementara pria lajang agak lebih tinggi, yakni 3,5.



Dalam hal lain, pria lajang tidak hanya memiliki bau badan yang lebih kuat. Namun, para wanita juga menilai wajah para pria lajang lebih maskulin daripada pria yang memiliki pasangan.

"Konsisten dengan hipotesisnya, pria lajang memiliki bau badan yang lebih kuat daripada pria yang memiliki pasangan. Sementara wajah pria lajang lebih maskulin diantara lainnya," tulis peneliti dalam penelitian tersebut, dikutip dari Daily Mail.

Sebagai tambahan, para peneliti mengatakan adanya perbedaan gaya hidup dan hal-hal terkait non-hormonal lainnya juga ikut berperan dalam menentukan perbedaan ini.

(kna/up)
News Feed