Kamis, 07 Feb 2019 09:09 WIB

Kolom Dokter

5 Tips Pola Hidup Sehat di Zaman Serba Gadget

dr Ledy Kumala Devi - detikHealth
Zaman serba gadget bukan alasan untuk tidak hidup sehat (Foto: iStock) Zaman serba gadget bukan alasan untuk tidak hidup sehat (Foto: iStock)
Jakarta - Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat. Namun seiring dengan berkembangnya zaman dan kesibukan, terkadang kita mejadi sering lupa menjalani pola hidup sehat yang mana berguna menjaga kesehatan.

Kebanyakan dari kita menganggap bahwa pola hidup sehat adalah pola hidup yang sulit untuk dijalani. Namun sebenarnya, ada banyak cara yang mudah dilakukan untuk menjaga diri kita tetap sehat.

Di bawah ini ada beberapa tips pola hidup sehat yang mudah dilakukan dan pastinya akan membantu kamu untuk menjadi lebih sehat.



1. Pola Hidup Sehat dengan Mengonsumsi Makanan Bergizi
Pola hidup sehat dimulai ari memilih makanan yang sehat. Kamu dapat mengganti makananmu dengan mengonsumsi makanan yang penuh gizi seperti rendah gula, kaya serat, dan banyak vitamin. Hindari makanan berlemak dan makanan yang mengandung pengawet karena hal tersebut dapat berbahaya bagi tubuh.

Perbanyaklah sayur dan buah, baiknya kamu mengonsumsi lima sampai enam porsi setiap harinya. Jika merasa terlalu banyak, kamu bisa memulainya dengan mengonsumsi satu porsi setiap hari, lalu dalam waktu seminggu kamu tambah lagi satu porsi.

2. Perbanyak Olahraga
Salah satu yang paling saya suka dalam hidup sehat adalah Rutin berolahraga. Karna dengan berolahraga tidak hanya kondisi tubuh menjadi fit namun pikiran menjadi lebih sehat. Dewasa ini orang lebih senang menghabiskan waktu dengan Gadget dari pada berolahraga. Padahal olahraga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan hidup kita. Dengan berolahraga mengurangi faktor resiko terjadinya depresi, kecemasan dan stress.

3. Istirahat yang Cukup
Istirahat yang cukup adalah bagian yang penting dalam menjalani pola hidup sehat. Kebutuhan istirahat dan tidur setiap individu berbeda-beda sesuai tahap perkembangan aktivitas yang dijalani. National Sleep Foundation merekomendasikan bahwa usia dewasa muda (18-25 tahun) membutuhkan waktu tidur 7-9 jam per malam. Orang yang tidak memiliki waktu tidur cukup berpotensi terkena penyakit mematikan, seperti kanker dan jantung.



4. Perbanyak Minum Air Putih Dan Gosok Gigi Secara Teratur
Di era serba gadget dan rutinitas yang sibuk membuat kita sering terlupa untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari an lebih memilih minuman berwarna dan bersoda. Air putih yang bebas kalori dan gula merupakan pilihan paling sehat demi menjaga tubuh tetap memiliki cairan yang cukup, sekaligus mengatasi rasa haus kapan saja. Selain itu, manfaat minum air putih juga dinikmati oleh beragam fungsi tubuh, antara lain:

- Menjaga kadar cairan tubuh atau mencegah dehidrasi, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal.
- Membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi agar tetap lentur. Ketidakseimbangan cairan dapat memicu kelelahan pada otot.
- Membantu mengendalikan asupan kalori tubuh. Minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah peningkatan berat badan dibandingkan minuman yang mengandung tinggi kalori.
- Menjaga kesegaran kulit sehingga kulit tidak terlihat kering dan berkerut.
- Melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif pada tubuh lainnya.
- Membantu proses pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman melalui keringat, urine dan kotoran.

5. Berpikir Positif
Secara psikologi berpikir positif adalah aktivitas berpikir yang dilakukan dengan tujuan untuk membangkitkan aspek positif pada diri, baik itu yang berupa potensi, semangat, tekad, maupun keyakinan diri sehingga memunculkan perasaan, perilaku, dan hal baik yang menjadi sistem berpikir.

Para peneliti telah menemukan manfaat dari berpikir positif untuk kesehatan. Salah satu manfaat berpikir positif adalah membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Berpikir positif tidak hanya dapat menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat, tetapi juga dapat menunjukkan pengaruh kondisi seseorang secara keseluruhan sehingga mampu memperpanjang usia.

Seseorang dengan pemikiran yang positif akan lebih merasa bahagia dan hal ini dapat memicu kamu untuk menjadi orang yang lebih produktif.



)* Penulis adalah seorang praktisi kesehatan, tinggal di Jakarta. (up/up)