Kamis, 07 Feb 2019 10:05 WIB

Laki-Laki Perokok Ganja Punya Konsentrasi Sperma Lebih Tinggi

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jumlah dan kualitas sperma menentukan kesuburan (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Ganja atau marijuana kini dikaitkan juga dengan kesuburan. Penelitian terbaru menyebut laki-laki yang merokok ganja punya konsentrasi sperma lebih tinggi.

"Temuan tak diduga ini menyoroti betapa kecilnya pengetahuan kita tentang efek ganja bagi kesehatan reproduksi," kata Jorge Chavarro dari Harvard Chan School yang melakukan penelitian tersebut, dikutip dari Sciencedaily, Kamis (7/2/2019).

Chavarro dan timnya mempublikasikan temuan ini pada 5 Februari 2019 di jurnal Human Reproduction.

Awalnya, para peneliti menduga bahwa ganja akan memberi efek buruk bagi kualitas sperma. Namun berbagai penelitian yang pernah dilakukan umumnya menggunakan sampel laki-laki yang terkait penyalahgunaan obat.



Dalam riset kali ini, para ilmuwan meneliti 1.143 sampel sperma dari 662 laki-laki antara tahun 2000-2017, rata-rata berusia 36 tahun. Sebanyak 55 persen merokok ganja, 44 persen sudah berhenti dan 11 persen masih mengonsumsinya.

Namun para ilmuwan memberikan catatan bahwa ada sejumlah keterbatasan dalam penelitian ini. Mereka juga tidak bisa memastikan apakah hasilnya relevan bila diterapkan untuk populasi umum.





Simak juga video 'Makan Kacang Bisa Genjot Produksi Sperma':

[Gambas:Video 20detik]

(up/fds)