Rabu, 13 Feb 2019 06:36 WIB

Menurut Ahli, Ini Kandungan yang Harus Ada di Multivitamin

Tia Reisha - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi mengatakan bahwa kandungan yang ada dalam multivitamin disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu. Walaupun kebutuhan vitamin dan mineral hanya diperlukan dalam jumlah kecil, dr. Helmin mengatakan keberadaan kandungan tersebut tetap penting.

"Manfaat multivitamin untuk tubuh adalah membantu proses metabolisme tubuh berjalan normal sehingga tubuh menjadi sehat," ujar dr. Helmin, Rabu (13/2/2019).


Menurut dr. Helmin, multivitamin pun bisa dikonsumsi jika asupan vitamin dan mineral untuk tubuh yang didapat dari makanan sehari-hari masih belum bisa mencukupi. Namun, lanjutnya, multivitamin harus dikonsumsi sesuai dengan aturan yang dianjurkan.

"Jika asupan sehari-hari tidak mencukupi kebutuhan maka perlu suplemen dengan memperhatikan aturan minum," ujar dr. Helmin.

Dilansir dari healthline.com, setidaknya, ada 7 kandungan yang harus ada dalam multivitamin seperti yang diungkapkan oleh Registered Dietitian Nutritionist sekaligus pencetus Better Than Dieting, Bonnie Taub-Dix.


Ketujuh kandungan tersebut terdiri dari vitamin D, magnesium, kalsium, zinc, zat besi, asam folat, dan vitamin B12. Ketujuh kandungan tersebut memiliki fungsinya masing-masing, misalnya vitamin D untuk membantu penyerapan kalsium, zinc untuk mendukung sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh menyerap karbohidrat, protein, dan lemak untuk energi, serta zat besi untuk membantu kerja otak lebih baik, meningkatkan energi, dan membantu sel darah merah lebih sehat.

Salah satu multivitamin yang bisa mengembalikan kesehatan tubuh dan membuat tubuh tetap fit setelah seharian beraktivitas adalah Fatigon Multivitamin dan Mineral. Kandungannya pun lengkap sehingga bisa membantu mengatasi capek, pegal, kram, dan kesemutan. (mul/mpr)
News Feed