Rabu, 13 Feb 2019 07:20 WIB

Kopi Pahit Bisa Sembuhkan Flu dan Sakit Kepala, Benar Nggak Sih?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Bagi yang suka, kandungan antioksidan dalam kopi baik untuk kesehatan (Foto: Thinkstock) Bagi yang suka, kandungan antioksidan dalam kopi baik untuk kesehatan (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Kini informasi beredar dengan sangat mudah dan cepat. Baru-baru ini beredar broadcast di grup-grup WhatsApp mengenai cara menyembuhkan flu dan sakit kepala dengan minum air hangat dan juga kopi pahit panas.

Kurang lebih demikian bunyi pesan berantai tersebut:

1. Segera minum 2 - 3 gelas air putih hangat Tunggu 3 s/d 5 menit.

2. Seduhlah 1 cangkir kopi panas, segala jenis kopi pahit tanpa gula pasir. Wajib diminum selagi panas baru bermanfaat.

3. Setelah 20 s/d 30 menit sehabis minum air hangat & kopi panas tanpa gula pasir tadi, Anda akan segera pipis. Yang menakjubkan...: Flu, bersin2 & sakit kepala pun lenyap dari Anda.



Benarkah dengan cara tersebut bisa menyembuhkan flu dan sakit kepala? Berbagai penelitian memang menunjukkan bahwa kopi mengandung antioksidan yang bagus untuk daya tahan tubuh. Infeksi flu disebabkan oleh virus, yang hanya bisa sembuh dengan sistem imun yang baik.

Dalam praktiknya, cukup manjurkah antioksidan dalam kopi dalam mengatasi flu? Pakar infeksi dari RSPI Puri Indah, dr Ronald Irwanto, SpPD-KPTI, FINASIM mengatakan bahwa hal tersebut sebenarnya kurang tepat.

"Secara ilmu kedokteran kurang tepat ya. Penyakit flu sendiri disebabkan oleh virus dan akan sembuh sendiri, nggak usah pakai kopi-kopian atau air putih-putihan itu akan sembuh sendiri," ujarnya kepada detikHealth, Selasa (12/2/2019).

Menurut dr Ronald, meminum kopi panas tidak menyembuhkan flu, tetapi menambahkan kenikmatan karena diminum selagi panas. Namun perlu diperhatikan, bagi meminum kopi juga bisa memberikan efek samping bagi orang yang tidak biasa mengonsumsinya.

"Minum kopi juga harus cermat ya, minum kopi juga ada efek samping. Kalau kita minum kopi terus kita nggak tahan timbul jantung berdebar-debar terus nggak bisa tidur, itu sering terjadi. Itu adalah salah satu hal yang harus kita sikapi secara lebih cermat," tuturnya.

Jadi, meminum kopi pahit panas belum terbukti menyembuhkan flu dan sakit kepala ya Healthy Friends. Tapi terbukti memang nikmat bagi yang suka.




Tonton juga video '2 Kandungan Kopi yang Menyebabkan Gigi Kuning':

[Gambas:Video 20detik]


Kopi Pahit Bisa Sembuhkan Flu dan Sakit Kepala, Benar Nggak Sih?
(wdw/up)
News Feed