Minggu, 17 Feb 2019 09:32 WIB

Seperti Inikah Rontgen Dada Orang yang Sedang Jatuh Cinta?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Simbol jantung hati muncul di foto rontgen (Foto: The New England Journal of Medicine) Simbol jantung hati muncul di foto rontgen (Foto: The New England Journal of Medicine)
Jakarta - Jatuh cinta sering disimbolkan dengan jantung hati. Simbol ini pula yang muncul dengan sempurna saat seorang bocah menjalani pemindaian sinar X. Tandanya sedang jatuh cinta?

Sayangnya bukan. Simbol jantung hati tersebut memang terbaca jelas dan sangat sempurna di film hasil pemindaian. Sepintas, film tersebut seolah telah digambari oleh orang iseng. Tetapi ternyata benda itu adalah liontin.

"Benda asing berbentuk jantung-hati," tulis para ilmuwan yang melaporkan kasus itu di The New England Journal of Medicine, dikutip dari Livescience.

Bocah berusia 3 tahun yang tidak disebutkan namanya ini sepertinya tanpa sengaja menelan liontin. Seperti anak pada umumnya, perilaku memasukkan benda ke dalam mulut adalah hal yang lazim walau memang berbahaya.


Simbol jantung hati dalam foto rontgen ternyata liontin yang tertelan.Simbol jantung hati dalam foto rontgen ternyata liontin yang tertelan. Foto: The New England Journal of Medicine

Benda-benda berukuran kecil seringkali tertelan tanpa sengaja. Benda yang memiliki potensi bahaya harus dikeluarkan sesegera mungkin. Misalnya benda berbentuk tajam, dan baterai yang dalam beberapa kasus memicu luka bakar di kerongkongan.

Dalam kasus ini, liontin yang tertelan tidak menunjukkan dampak berbahaya sehingga dokter hanya mengobservasinya selama beberapa waktu. Diharapkan, benda tersebut keluar dengan sendirinya.

Namun dalam pemindaian beberapa hari kemudian, tidak tampak liontin tersebut berpindah posisi. Dokter memutuskan untuk mengambil dengan prosedur non-operasi. Dilaporkan, sang bocah kini sudah sehat lagi.

(up/up)
News Feed