Senin, 18 Feb 2019 08:35 WIB

Hari Kanker Sedunia

Seruan Tobat untuk 'Ahli Hisap' di Peringatan Hari Kanker Sedunia

Ayunda Septiani, Rosmha Widiyani - detikHealth
Ajakan untuk bertobat menghisap rokok di peringatan Hari Kanker Sedunia. (Foto: Ayunda Septiani/detikHealth) Ajakan untuk bertobat menghisap rokok di peringatan Hari Kanker Sedunia. (Foto: Ayunda Septiani/detikHealth)
Topik Hangat Hari Kanker Sedunia
Jakarta - Peringatan Hari Kanker Sedunia 2019 diperingati dengan pembentangan simbol pita raksasa di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (17/2/2019). Salah satu pesan yang diserukan adalah berhenti merokok.

"Hai Ahli Hisap!! Bertobatlah," demikian tulis seorang relawan di salah satu poster yang dibawanya.

Rokok merupakan salah satu faktor risiko pada berbagai jenis kanker. Dari ribuan senyawa yang terkandung dalam asapnya, sekitar 60 senyawa di antaranya bersifat karsinogenik alias memicu pertumbuhan sel kanker.



Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Cut Putri Arianie yang hadir dalam peringatan tersebut juga mengingatkan pentingnya pola hidup sehat. Berhenti merokok adalah salah satunya, di samping rutin melakukan aktivitas fisik 30 menit tiap hari dan makan buah dan sayur 3-5 porsi tiap hari.

"Jangan sia-siakan kesehatan sendiri. Yang penting selalu terapkan hidup bersih, sehat, dan jangan males gerak (mager). Faktor risiko harus ditekan sambil terus meningkatkan kepedulian masyarakat," kata Cut Putri.

(up/up)
Topik Hangat Hari Kanker Sedunia
News Feed