Senin, 18 Feb 2019 12:13 WIB

Jumlah Penduduk RI Capai 300 Juta di 2045, Ini Dampaknya bagi Kesehatan

Rosmha Widiyani - detikHealth
Kepadatan penduduk jadi tantangan bagi kesehatan (Foto: Agung Pambudhy) Kepadatan penduduk jadi tantangan bagi kesehatan (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Total jumlah penduduk Indonesia mencapai 267 juta pada 2019 berdasar proyeksi Badan Pusat Statistik (BPS). Dengan perkiraan ini, bukan tidak mungkin jumlah penduduk Indonesia mencapai 300 juta pada 2045. Untung atau rugi jika jumlah penduduk terlalu besar?

"Kita justru harus menahan jangan sampai mencapai 300 juta di 2045. Dengan jumlah yang tidak terlalu besar, kita bisa fokus pada peningkatan kualitas generasi produktif," kata Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia Prof Sri Moertiningsih Adioetomo.



Target tersebut bisa tercapai jika Total Fertility Rate (TFR) bisa ditekan di angka 2,1. Saat ini TFR masih di angka 2,4 yang mengindikasikan ada keluarga yang punya anak lebih dari 2. Menurut Sri, angka ini bisa jadi lebih besar di tingkat kota dan kabupaten.

Penurunan TFR tak hanya dengan mengendalikan kehamilan, tapi juga usaha kesehatan lainnya. Misal sosialisasi pencegahan nikah dini, kesehatan reproduksi, dan perencanaan keluarga. Pengetahuan yang cukup memungkinkan calon orangtua mencegah anaknya terlahir Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) atau stunting.

Dengan usaha tersebut, beban yang akan ditanggung Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tidak terlalu besar. Penghematan anggaran bisa digunakan untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia, untuk memetik keuntungan bonus demografi.

(up/up)
News Feed