Senin, 18 Feb 2019 14:40 WIB

Cerita Viral Tulang Ekor Cedera Karena Bercanda Tarik Kursi

Ayunda Septiani - detikHealth
Jangan anggap sepele tulang belakang yang sakit karena terjatuh. (Foto ilustrasi: Thinkstock)
Jakarta - Tulang ekor yang sakit karena terjatuh bercanda tarik kursi jangan dianggap sepele. Bisa jadi itu tanda cedera saraf tulang belakang.

Terkait hal tersebut belakangan viral cerita tentang seorang anak murid Sekolah Menengah Atas (SMA) dirawat dengan kondisi tulang ekor patah akibat jatuh dari kursi. Diceritakan bahwa teman-temannya menarik kursi dengan niat bercanda namun malah berakhir tragis.

Mungkin bercanda tarik kursi sudah sering kita dengar, bisa saja kamu menjadi pelaku atau menjadi korban dari candaan tersebut. Namun apa yang terjadi jika sudah jatuh dan terduduk? Patah tulang ekor dan kelumpuhan bisa terjadi menurut spesialis tulang dr Luthfi Gatam, SpOT (K) Spine dari RS Fatmawati.



"Jadi sebenarnya kalau loading jatuhnya pendek dan ringan biasanya cuman kulit dan otot saja yang memar. Tapi kalau loading jatuhnya berat, bisa membuat tulang ekor patah. Biasanya paling sering tulang ekornya patah dan saat duduk suka sakit ujung pantat kita," ujar dr Luthfi.

Kondisi tulang ekor yang sakit karena jatuh ini bisa berhubungan dengan cedera saraf tulang belakang. dr Luthfi, sapaannya, menjelaskan jika seseorang terjatuh dari atas loteng dengan posisi terduduk hal ini mungkin tidak hanya menimbulkan patah tulang ekor saja tetapi juga berujung kelumpuhan.

Jadi semuanya tergantung bagaimana jarak jatuh dan posisi seseorang yang terjatuh. Maka dari itu jika sudah terjatuh jangan lupa untuk ke dokter untuk mengecek keadaan, apakah cedera yang didapat serius atau ringan.

Hati-hati, jangan bercanda seperti itu lagi ya.

(fds/fds)