Selasa, 19 Feb 2019 18:38 WIB

Obat Apa yang Paling Manjur untuk Sembuhkan DBD?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Pasien demam berdarah di Blitar tengah mendapat perawatan. (Foto : Erliana Riady) Pasien demam berdarah di Blitar tengah mendapat perawatan. (Foto : Erliana Riady)
Topik Hangat Serangan Nyamuk DBD
Jakarta - Minum jus jambu biji atau minum suplemen ini itu, pasti menjadi arahan saat ada orang terdekat mengidap demam berdarah dengue (DBD). Obat apa sih sebenarnya yang manjur untuk menyembuhkan DBD?

Dokter spesialis penyakit dalam dari RSPI Puri Indah, dr Ronald Irwanto, SpPD-KPTI, FINASIM pun mengatakan bahwa tidak ada obat yang bisa menyembuhkan DBD.

"Kalau ditanya obatnya apa? Nggak ada, obatnya sembuh sendiri," tegasnya kepada detikHealth beberapa waktu lalu.



Karena pada dasarnya penyakit DBD yang disebabkan oleh virus dengue ini bisa sembuh sendiri pada hari ketujuh. Namun harus tetap dipantau kondisi setiap pasien yang mengidapnya agar tidak mengalami perdarahan di fase kritis.

Tapi dr Ronald tidak melarang pasien DBD jika ingin mengonsumsi suplemen tertentu, namun menurutnya tetap tidak akan berfungsi untuk menyembuhkan.

"Sebenarnya sih suplemen boleh apa saja, boleh saja tapi bukan untuk menyembuhkan, dia hanya suplemen untuk membantu stamina yang lebih kuat jadi lebih baik. Tapi tetap virusnya akan sembuh sendiri di hari ketujuh," jelasnya.

(up/up)
Topik Hangat Serangan Nyamuk DBD