Rabu, 20 Feb 2019 05:28 WIB

Sering Sembelit di Pagi Hari? 5 Cara Ini Bisa Membantumu

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Kurang serat bisa memicu sembelit (Foto: iStock) Kurang serat bisa memicu sembelit (Foto: iStock)
Jakarta - Di zaman modern ini segala hal dituntut untuk serba cepat. Hidup menjadi lebih sibuk, dan ujung-ujungnya kesehatan menjadi korbannya. Tanda awal dari kondisi kesehatan yang menurun adalah ketidakseimbangan pencernaan, tak peduli seaktif atau sebugar apa dirimu.

Proses pencernaan makanan membantu tubuh untuk melakukan fungsi-fungsi vitalnya dan mengubah nutrisi sekaligus energi. Pola makan yang tidak teratur dan tidur yang tidak cukup bisa menimbulkan beberapa penyakit seperti iritasi usus, konstipasi dan sembelit.

Dirangkum dari Times of India, berikut 5 cara yang bisa kamu lakukan agar tak lagi mengalami gangguan pencernaan:



1. Perbanyak serat
Tubuh kita memerlukan sekitar 28 persen serat untuk kesehatan pencernaan, yang bisa kita dapatkan dari buah dan sayuran segar. Selain kaya serat, buah dan sayuran juga menjadi sumber terbaik dari vitamin seperti mineral yang memberikan nutrisi dan energi cukup pada tubuh.

Tambah lagi, kandungan serat dalam buah dan sayur menjadikan mereka sebagai pencahar alami. Coba tambahkan buah-buhan seperti apel, plum, pisang serta sayuran seperti bayam, kacang-kacangan dan juga oat sangat baik untuk kesehatan pencernaanmu.

2. Kunyah, jangan telan!

Menelan makanan bulat-bulat karena terburu-buru makan adalah alasan terbesar dari gangguan pencernaan dan membuat berat badan naik, belum lagi memicu beberapa masalah kesehatan. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengunyah makanan dengan benar agar bisa dicerna dengan benar pula.

3. Tetap jaga hidrasi

Dehidrasi bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan dan bisa menganggu proses pencernaan. Faktanya, sektiar 75 persen tubuh kita terdiri dari air, sehingga kita harus tetap terhidrasi seharian.

Selain air putih, kamu bisa meminum jus buah alami (bukan kemasan), infused water dan teh herbal. Air meningkatkan pencernaan dengan menyeimbangkan kadar elektrolit dalam tubuh dan juga mengurangi reaksi asam yang disebabkan oleh beberapa alasan.



4. Konsumsi probiotik

Usus yang sehat membuat tubuh kita sehat pula. Tubuh memerlukan bakteri sehat yang memiliki banyak probiotik sehingga membuat usus lebih sehat. Kamu bisa menambahkan probiotik dengan mengonsumsi kefir, kimchi, atau yogurt sebagai sumber probiotik alami.

5. Disiplin

Tak dapat dipungkiri, disiplin menjadi kunci dari kesehatan yang baik. Faktanya, untuk hidup yang lebih sehat dengan waktu makan yang cukup ketat sangat disarankan untuk membuat tubuh lebih mudah beradaptasi untuk tiap perubahan dan usus yang lebih sehat.



Simak Juga 'Apa Benar Banyak Makan Pisang Sebabkan Sembelit?':

[Gambas:Video 20detik]


Sering Sembelit di Pagi Hari? 5 Cara Ini Bisa Membantumu
(frp/up)
News Feed