Rabu, 20 Feb 2019 07:31 WIB

Bolehkah Olahraga Berat Saat Hamil?

Ayunda Septiani - detikHealth
Olahraga di trimester pertama tidak dianjurkan bagi ibu hamil. (Foto: iStock) Olahraga di trimester pertama tidak dianjurkan bagi ibu hamil. (Foto: iStock)
Jakarta - Selebgram yang juga influencer kebugaran Kayla Itsines sempat jadi sasaran komentar nyinyir. Pasalnya ia tetap melakukan olahraga berat saat hamil besar.

Kayla berdalih apa yang ia lakukan sudah dikonsultasikan dengan dokter. Ia sendiri dikenal sangat rajin olahraga, sehingga sudah tentu sangat terlatih dan tahu betul kemampuan fisiknya.

Nah kalau untuk umum, sebenarnya apakah boleh melakukan olahraga berat saat hamil? Dokter kandungan dari RS Mayapada Tangerang menyarankan untuk tidak melakukannya di trimester satu.

"Olahraga di trimester satu tidak diizinkan, kecuali kalo berenang dan yoga boleh, tapi untuk olahraga lari jangan, jalan pagi untuk trimeter satu masih rentan. Dianjurkan untuk banyak-banyak istirahat, dan ya seperti tuan putri di rumah," kata dr Noviyanti, SpOG kepada detikHealth.



Olahraga berat, menurut dr Novi bisa memicu kontraksi pada rahim. Kondisi ini bisa memicu persalinan prematur.

Menurut dr Novi, olahraga yang dianjurkan pada pekan ke-34 kehamilan adalah senam hamil. Pada usia tersebut, kehamilan sudah cukup matang untuk proses persalinan.


Simak Juga 'Mau Program Punya Anak Laki atau Perempuan? Nih Tipsnya!':

[Gambas:Video 20detik]


Bolehkah Olahraga Berat Saat Hamil?
(kna/up)