Rabu, 20 Feb 2019 13:36 WIB

Ini Tandanya Kalau Kamu Sudah Harus Pasang Korset Untuk Skoliosis

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Ketika derajat skoliosis sudah lebih dari 20 derajat, biasanya dokter akan menyarankan pemakaian korset. Foto: iStock Ketika derajat skoliosis sudah lebih dari 20 derajat, biasanya dokter akan menyarankan pemakaian korset. Foto: iStock
Jakarta - Kamu salah satu orang yang mengalami masalah pembengkokan tulang belakang atau skoliosis? Duh rasanya enggak nyaman ya, mulai dari punggung yang terasa nyeri dan pegal, posisi tidur juga bisa jadi serba salah.

Skoliosis atau bengkoknya tulang belakang, baik ke kanan atau ke kiri, dan membentuk 'S' atau 'C' memiliki tingkatan yang berbeda-beda tergantung dari derajatnya. Jika masih di ringan, tentunya kamu belum perlu menggunakan korset atau brace, tapi bila terjadi progresivitas yang cukup pesat dan bengkok dengan sudut lumayan besar maka korset dibutuhkan.

"Lebih dari 20 sampai 40-an (sudutnya) kami sarankan untuk pakai korset skoliosis. Tujuannya untuk pertahankan sudutnya. Umummya tidak bisa menurunkan sudutnya, tapi target utamanya mencegah progresivitas penambahan sudut," kata Dr dr Wawan Mulyawan, SpBS, SpKP, dari Lamina Pain and Spine Center, Rumah Sakit Meilia Cibubur.


Terus, kalau sudah menyentuh derajat tersebut, harus beli korset di mana? Belakangan ini muncul juga tuh online shop yang menawarkan penjualan korset untuk skoliosis, tapi jangan sembarangan beli, loh. Sebab, korset ini harus disesuaikan dengan kondisi sudut kamu, artinya ada hitungan khususnya.

"Korset skoliosis itu customized, kalau dia tidak jaga pola makan terus menggemuk, maka harus diukur ulang," jelas dr Wawan.

Jika kamu salah satu orang dengan kondisi skoliosis, yuk mulai sekarang belajar menghilangkan kebiasaan yang memperberat skoliosis, seperti posisi duduk yang salah, posisi mengendarai kendaraan yang salah, posisi tidur, atau posisi tubuh ketika sedang bersantai. Jangan lupa cek secara berkala ke dokter dan olahraga rutin terutama untuk memperkuat bagian tulang belakang. Semangat!



Ini Tandanya Kalau Kamu Sudah Harus Pasang Korset Untuk Skoliosis
(ask/up)