Rabu, 20 Feb 2019 15:39 WIB

Ledakan Mal Taman Anggek Picu Luka Bakar, Begini Pertolongan Pertamanya

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Ledakan di Mal Taman Anggrek akibat kebocoran saluran gas dan membuat beberapa orang mengalami luka bakar. Foto: Rifkianto Nugroho Ledakan di Mal Taman Anggrek akibat kebocoran saluran gas dan membuat beberapa orang mengalami luka bakar. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Ledakan Foodcourt Mal Taman Anggrek akibat kebocoran saluran gas membuat enam orang menjadi korban. Beruntung, keenamnya disebut mengalami luka ringan meskipun ada juga yang mengalami luka bakar pada area tangan kanan dan kiri.

Ketika menemukan korban dengan luka bakar, pertolongan yang tepat sebenarnya tidak memerlukan odol. Disampaikan oleh dokter spesialis kulit dari klinik D&I Skin Centre, dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK, kepada detikHealth, untuk menghentikan proses paparan panas agar tak semakin meluas dan menambah parah kerusakan kulit maka air mengalir adalah hal yang dibutuhkan.

"Apabila luka bakar sampai menimbulkan lepuh, sebaiknya jangan dipecahkan sendiri untuk mengurangi resiko infeksi yang dapat menghambat penyembuhan luka," kata dr Darma.

Untuk menghindari masuknya kuman pada area luka atau bagian yang terkena luka bakar dapat ditutup dengan perban ataupun kasa.


Sementara itu, dr Vera Ikasari, SpBP, spelialis bedah plastik dari RSU Bunda pun menekankan hal yang senada.

"Untuk luka bakar ringan pertolongan pertamanya yaitu diguyur air yang mengalir dari kran selama 30-40 menit. Jangan diberi odol, tepung, kecap, mentega. Paling bagus diberi es," jelasnya.

Guyuran air kran yang mengalir dimaksudkan agar suhu air selalu konstan, tidak mengikuti suhu tubuh. Tujuannya, agar panas tidak masuk dan menjalar ke jaringan yang lebih dalam.

"Karena biasanya proses luka bakar belum selesai. Kalau sekarang tersiram air panas, melepuh tapi dibiarkan, besok lepuhnya akan semakin lebar. Itu karena proses luka bakarnya terus terjadi. Nah, air mengalir atau es ini fungsinya untuk menghentikan panas dan luka bakarnya tidak semakin parah," tukas dia.




Tonton juga video 'Ledakan di Mal Taman Anggrek Lukai 6 Karyawan Foodcourt!':

[Gambas:Video 20detik]


Ledakan Mal Taman Anggek Picu Luka Bakar, Begini Pertolongan Pertamanya
(ask/up)
News Feed