Kamis, 21 Feb 2019 15:03 WIB

Ani Yudhoyono Dapat Kalung Kesehatan dari Fans, Apa Sih Fungsinya?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kalung kesehatan dari fans Ani Yudhoyono (Foto: Instagram/@aniyudhoyono)
Jakarta - Istri dari mantan presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono yang saat ini tengah dirawat untuk mengobati kanker darah yang diidapnya mendapatkan hadiah kecil dari para penggemarnya.

Hadiah itu berupa kalung kesehatan yang berwarna silver dengan tambahan liontin berbentuk hati, populer dengan sebutan Life Secret Woman (LSW) Heart. Kalung ini dianggap mampu memberikan pengaruh positif bagi pasien. Lalu, bagaimana tanggapan dokter?

"Kalau secara logika sih masuk, karena di tubuh memang ada gelombang elektromagnetik. iya sih di otak itu ada gelombang atau saraf yang bisa di baca oleh alat. nah ini kan nggak bisa," tutur spesialis anastesi dari RS Siloam Bekasi, dr Reno Yonora, SpAn, saat dijumpai di Gedung Stovia, Jakarta Pusat, Kamis (21/2/2019).

dr Eno, sapaannya, mengatakan kebanyakan produk semacam itu mengklaim menyasar bagian tubuh dengan gelombang elektromagnetik dan bisa menetralisir tubuh. Jadi bagian tubuh yang rusak bisa dikembalikan dengan energi dari alat tersebut.



"Tapi secara ilmu kedokteran, kita tidak diajarkan tentang produk yang seperti ini. Kalau secara medis kita tidak diajarkan tentang seperti itu, misal pakai batu," tambahnya.

Namun, dr Eno menuturkan untuk terapi gelombang di kedokteran pun ada, yakni fisioterapi. Pengobatan di fisioterapi pun pasien diberi penghangat atau diberi gelombang listrik.

"Medis lebih melihat bentuknya, dengan listrik atau kemoterapi pakai kimia dan sebagainya. Kalau pakai batu kan nggak kelihatan gelombangnya," pungkasnya.

Punya pengalaman dengan kalung semacam ini? Ceritakan di komentar ya.



Simak Juga 'Respons Ani Yudhoyono Usai Didiagnosis Kanker Darah':

[Gambas:Video 20detik]

Ani Yudhoyono Dapat Kalung Kesehatan dari Fans, Apa Sih Fungsinya?



(kna/up)