Jumat, 22 Feb 2019 18:56 WIB

Tips Mengajukan Izin Sakit Agar Di-approve dan Tak Bikin Bos Jadi Bete

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Jangan sungkan minta izin sakit ketika kamu merasa tidak enak badan. (Foto: Thinkstock) Jangan sungkan minta izin sakit ketika kamu merasa tidak enak badan. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Saat sedang merasa tidak enak badan, mengajukan izin untuk sakit dengan memberikan surat izin adalah hal yang sah-sah saja dilakukan. Tapi biar enggak bikin bos bete dan kerjaan juga tetap berjalan dengan lancar, Linda Setiawati, M.Psi, Psikolog dan Talissa Carmelia, M.Psi, Psikolog dari Personal Growth menbagikan tipsnya kepada detikHealth.

"Pertama, cari tahu dan perhatikan dengan baik aturan di kantor mengenai pengajuan izin sakit. Biasanya, karyawan diminta untuk segera memberitahu atasan jika mereka berhalangan hadir karena sakit," tulisnya melalui pesan singkat.

Jadi jangan sungkan untuk meminta izin kepada atasan untuk tidak masuk kerja karena sakit. Sebab, jika ada tugas atau deadline yang harus dikerjakan di hari tersebut tidak jadi terbengkalai. Paling penting, berikan surat izin dari yang memang dari dokter.



"Setelah itu, persiapkan dokumen atau kelengkapan surat yang diminta oleh pihak kantor untuk pengajuan izin sakit dan diberikan sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan," tambahnya.

Oh iya, sebagai tambahan, perusahaan memiliki mekanisme pengajuan izin yang berbeda-beda, misalnya dalam hal waktu pengajuan dan syarat-syarat pengajuan izin. Oleh karena itu bila ada pengajuan izin yang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku, kantor boleh menolak (misalnya, memberikan surat keterangan lebih dari batas waktu).

Teruntuk Healthy Friends yang sedang sakit, semoga cepat sembuh dan kembali semangat menjalani aktivitas ya!

(up/up)
News Feed