Minggu, 24 Feb 2019 09:08 WIB

Perawat Diduga Lepaskan Puluhan Kecoa di Ruang IGD Karena Ingin Pindah

Firdaus Anwar - detikHealth
Dugaan perawat yang sengaja melepas kecoa di lantai IGD agar pindah kerja. Foto: iStock Dugaan perawat yang sengaja melepas kecoa di lantai IGD agar pindah kerja. Foto: iStock
Jakarta - Di Instagram beredar video puluhan ekor kecoa merayap di lantai IGD rumah sakit Vecchio Pellegrini, Italia. Dalam video berdurasi 45 detik yang direkam salah satu pasien tampak kecoa berukuran sedang berkumpul di beberapa titik.

Dikutip dari Sky News, penyelidik curiga keberadaan kecoa-kecoa tersebut tidak alami dan diduga sengaja dilepas oleh oknum staf rumah sakit. Tujuannya mungkin supaya mereka dipindahtugaskan ke tempat yang tidak terlalu menuntut.


"Perawat dan anggota serikat pekerja tampaknya telah menyabotase RS Pellegrini supaya diizinkan pindah," kata Direktur Rumah Sakit Maria Corvino kepada Times.

Kecurigaan muncul karena kecoa dalam video tampak seperti serangga yang kebingungan merayap tanpa tahu arah. Beberapa ekor bahkan terlihat dalam keadaan terlentang seperti baru saja dijatuhkan.

Ahli serangga Emilio Noviello dari University of Naples juga menambahkan kecoa yang ada dalam video bukan spesies asli kecoa Italia melainkan dari Argentina atau Brazil.

"Serangga seperti ini umumnya dipakai sebagai pakan reptil, banyak dijual di internet dan penjual hewan eksotis," kata Emilio.

Ini bukan pertama kalinya perawat atau staf dicurigai melepaskan serangga di rumah sakit. Tahun 2018 lalu beredar video pasien Rumah Sakit San Giovanni Bosco dikerubungi semut yang setelah diselidiki ternyata ada kemasan gula terbuka di area loker staf.

(fds/up)
News Feed