Senin, 25 Feb 2019 09:23 WIB

Anak Kembar Hasil Rekayasa Genetik Kemungkinan Punya Kemampuan Otak Lebih

Firdaus Anwar - detikHealth
He Jiankui kemungkinan tidak sengaja meningkatkan kemampuan otak bayi manusia hasil rekayasa genetiknya. (Foto: ilustrasi/thinkstock) He Jiankui kemungkinan tidak sengaja meningkatkan kemampuan otak bayi manusia hasil rekayasa genetiknya. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Bulan November 2018 lalu ilmuwah asal China He Jiankui memicu kericuhan internasional karena telah melakukan eksperimen rekayasa genetik pada manusia. Praktik rekayasa genetik manusia dilarang di berbagai negara dan dianggap sebagai pelanggaran etika berat yang bisa dilakukan seorang peneliti.

Hasil eksperimen He melahirkan anak perempuan kembar diberi nama Lulu dan Nana. Kedua anak tersebut diklaim kebal terhadap human immunodeficiency virus (HIV) karena He dan timnya telah menekan gen bernama CCR5 yang dibutuhkan virus untuk berkembang.

Terkait hal tersebut, studi terbaru yang dipublikasi dalam jurnal Cell menemukan bahwa penekanan gen CCR5 kemungkinan juga bisa berpengaruh terhadap fungsi kognitif dan memori otak.



Studi oleh peneliti dari University of California, Los Angeles (UCLA), menemukan tikus yang gen CCR5-nya diubah bisa lebih cepat pulih dari serangan stroke. Selain itu kemampuan ingatan para tikus juga menjadi lebih baik.

"Jadi ketika kamu mengubah CCR5, kamu mengubah otak. Kamu mengubah kemampuan belajar dan ingatan," kata pemimpin studi Dr Alcino Silva dikutip dari Daily Mail, Senin (25/2/2019).

"Ada begitu banyak kemiripan antara otak tikus dan manusia, oleh karena itu kita bisa berasumsi kalau otak mereka (Lulu dan Nana) juga sudah diubah," lanjutnya.

Seperti apa dampak mutasi gen CCR5 pada kemampuan otak Lulu dan Nana pastinya masih belum bisa diketahui. Peneliti masih ragu apakah ini sesuatu yang positif atau negatif.

"Otak menghabiskan banyak energi untuk melupakan ingatan. Itu sebetulnya salah satu fungsi penting. Banyak hal yang kita persepsikan di dunia sebetulnya ingin kita lupakan karena menghambat kita belajar menjalani hidup," pungkas Dr Silva.

Apakah ini artinya Lulu dan Nana kisah manusia super hasil rekayasa genetik pertama di dunia?



Tonton juga video Inspiratif! Cerita April Jasmine Meng-ASI-hi Putra Kembar:

[Gambas:Video 20detik]


Anak Kembar Hasil Rekayasa Genetik Kemungkinan Punya Kemampuan Otak Lebih
(fds/up)