Senin, 25 Feb 2019 20:01 WIB

Top 10 Negara Tersehat di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Negara mana yang menjadi tersehat di dunia. Foto: iStock Negara mana yang menjadi tersehat di dunia. Foto: iStock
Jakarta - Berdasarkan Indeks Negara Tersehat yang dikeluarkan Bloomberg, Spanyol dinobatkan menjadi negara tersehat di tahun 2019 dan Italia di peringkat kedua yang sebelumnya menjadi negara tersehat.

Bloomberg menilai dari berbagai aspek, seperti tingkat harapan hidup negara, tingkat merokok dan obesitas, serta akses ke air bersih.

Dikutip dari Daily Mail, Bloomberg memilih Spanyol menjadi negara tersehat karena kebanyakan masyarakat yang menerapkan diet Mediterania, yaitu diet yang memprioritaskan lebih banyak asupan buah dan ikan, dan lebih sedikit minuman manis dan makanan ringan.



Menurut penelitian yang dilakukan University of Navarra, diet Mediterania di Spanyol yang menambahkan minyak zaitun dan kacang-kacangan memiliki tingkat kejadian penyakit kardiovaskular lebih rendah daripada mereka yang menerapkan diet rendah lemak.

Para ilmuwan secara teratur menerbitkan studi yang memuji manfaat kesehatan dari diet Mediterania, yang mengandung banyak sayuran, kacang-kacangan, ikan, dan minyak.

Hal ini diketahui dapat meningkatkan kesehatan jantung dan juga diyakini baik untuk otak dan hati, serta dapat meningkatkan fungsi seksual pada pria.

Sepuluh negara tersehat menurut Bloomberg sebagai berikut:

1. Spanyol
2. Italia
3. Islandia
4. Jepang
5. Swiss
6. Swedia
7. Australia
8. Singapura
9. Norwegia
10. Israel

Indonesia sendiri tidak termasuk ke dalam 50 besar Indeks Negara Sehat Bloomberg. Singapura menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang masuk dalam 50 besar negara tersehat versi Bloomberg.

(wdw/up)
News Feed
CNN ID
×
Layar Demokrasi
Layar Demokrasi Selengkapnya