Selasa, 26 Feb 2019 19:19 WIB

Jantung 'Jedug-jedug' di Dekat Sound System, Bahaya Nggak Sih?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Jantung jedag-jedug saat dengar suara terlalu keras dari sound system, apakah bisa membahayakan jantung? Foto: iStock Jantung jedag-jedug saat dengar suara terlalu keras dari sound system, apakah bisa membahayakan jantung? Foto: iStock
Jakarta - Meninggalnya bocah berusia 9 tahun di Dusun Sumberjo, Desa Karangrejo, Kecamatan Garum, Blitar yang disebut-sebut karena sound system yang terlalu keras. Dugaan ini bagaimanapun membuat masyarakat ketar-ketir.

Bagaimana tidak, saat ada sound system yang dinyalakan dengan suara yang terlalu keras, jantung kita biasanya ikut berdegup sangat kencang tidak seperti biasanya. Bahayakah itu?

Dokter spesialis jantung dr Vito A. Damay, SpJP(K) mengatakan bahwa itu bisa berbahaya namun tidak pada semua orang. Hanya pada orang tertentu yang memiliki masalah jantung yang berbahaya mendengar suara terlalu keras dari sound system.


"Pada orang-orang yang punya penyakit jantung koroner atau yang punya cikal bakal serangan jantung, ini bisa memicu terjadinya serangan jantung," ujarnya kepada detikHealth, Selasa (26/2/2019).

Selain itu, orang yang memiliki kelainan bawaan seperti gangguan irama jantung atau aritmia juga harus mewaspadai suara yang terlalu keras dari sound system.

"Ada aritmia yang dipicu suara keras, ada orang yang punya kelainan genetik dan dia punya gangguan irama jantung. Bisa jadi karena tidak merasa (tidak bergejala), suara kencang memicu irama jantungnya tidak beraturan. Irama nggak beraturan ini bisa jadi henti jantung," jelasnya.

(ask/up)
News Feed