Rabu, 27 Feb 2019 08:48 WIB

Cristiano Ronaldo Buka Klinik Transplantasi Rambut, Siapa Mau Jadi Pasien?

Firdaus Anwar - detikHealth
Cristiano Ronaldo bersama kekasihnya membuka klinik transplantasi rambut. (Foto: Susana Vera/Reuters) Cristiano Ronaldo bersama kekasihnya membuka klinik transplantasi rambut. (Foto: Susana Vera/Reuters)
Jakarta - Bintang sepak bola Cristiano Ronaldo dikabarkan membuka bisnis baru klinik transplantasi rambut di Madrid, Spanyol. Sang kekasih, Georgina Rodriguez, rencananya akan memegang posisi senior di klinik tersebut.

"Selain sepak bola, saya punya pasion untuk bidang kesehatan, teknologi, dan riset sebagai area-area yang menarik untuk berinvestasi," tulis Ronaldo dalam pernyataan seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (27/2/2019).

"Saya ingin klinik pertama ekspansi internasional saya ada di Madrid, kota tempat saya tinggal bertahun-tahun," lanjutnya.



Transplantasi rambut sendiri adalah teknik bedah di mana dokter mengangkat folikel rambut dari satu tempat yang pertumbuhan rambutnya sehat ke tempat lain yang rambutnya mulai menipis. Biasanya teknik ini digunakan untuk mengobati kebotakan dini.

Dikutip dari WebMD seorang dokter biasanya terlebih dahulu akan membersihkan area kulit kepala dan menyuntiknya dengan obat bius. Setelah itu dokter mengambil folikel rambut dari kulit kepala yang sehat lalu ditanam dengan membuat lubang atau sayatan kecil di kulit kepala yang botak.

Setelah operasi seorang pasien transplantasi rambut mungkin akan diminta untuk memakai perban di kepalanya selama beberapa hari. Dokter juga bisa memberikan resep antibiotik dan pereda nyeri sebagai obat pendukung.

"Sekitar 2-3 minggu setelah operasi rambut yang ditanam akan mulai rontok, tapi kamu bisa melihat ada pertumbuhan rambut baru beberapa bulan kemudian. Kebanyakan pasien 60 persen rambutnya mulai tumbuh setelah 6-9 bulan," tulis WebMD.




Simak juga video Cara Christiano Ronaldo Hadapi Haters:

[Gambas:Video 20detik]

(fds/up)
News Feed