Rabu, 27 Feb 2019 12:59 WIB

5 Manfaat Boxing, Olahraga Favorit Reino Barack Suami Syahrini

Firdaus Anwar - detikHealth
Reino Barack rutin melakukan boxing. (Foto: Instagram/reinobarack) Reino Barack rutin melakukan boxing. (Foto: Instagram/reinobarack)
Jakarta - Pebisnis Reino Barack yang dikabarkan menikahi Syahrini pada Rabu (27/2) punya olahraga favorit boxing atau tinju. Dalam instagram pribadinya beberapa kali Reino mengunggah momen saat dirinya sedang latihan boxing bersama pelatih pribadi tidak hanya saat di Indonesia tapi juga Jepang.

Dalam salah satu unggahannya Reino mengaku rajin olahraga boxing untuk menjaga tubuh tetap bugar karena hobi makan.

Memang sebenarnya apa saja sih manfaat boxing seperti Reino Barack? Berikut rangkuman detikHealth dari berbagai sumber:



1. Bakar kalori

Boxing jadi salah satu olahraga favorit artis ternama yang sedang ingin menguruskan badan. Ini karena boxing memang cukup efektif dalam membakar kalori. Survei yang dilakukan pemimpin Forza Supplements, Lee Smith, menyebut boxing bisa membakar sampai 800 kalori per jam.

Sebagai perbandingan orang yang olahraga lari per jam bisa membakar sekitar 500-800 kalori tergantung dari kecepatannya seperti dikatakan dokter terapi fisik Laura Miranda seperti dilansir dari Woman's Health.

2. Menguatkan otot

Boxing selain bermanfaat sebagai olahraga aerobik yang membakar kalori juga bisa melatih otot-otot tubuh. Saat meninju tubuh dituntut untuk bergerak menggunakan otot, terutama pada pundak dan lengan, sekuat mungkin.

Dilakukan berulang maka boxing bisa jadi bentuk latihan beban.

3. Lepas stres

Sama seperti bentuk olahraga lainnya, ketika seseorang latihan boxing maka tubuhnya akan menghasilkan endorfin, hormon yang membuat seseorang merasa bahagia. Itulah kenapa banyak orang bisa merasa 'segar menyenangkan' usai olahraga.

4. Latihan keseimbangan

Saat olahraga boxing kamu akan berlatih bagaimana caranya menyerang dan juga bertahan menhindari pukulan lawan. Hal ini akan mengasah kemampuan motorik tubuh, melatih keseimbangan agar tubuh dapat bergerak lincah.

5. Bagus untuk jantung

Latihan boxing yang intens fungsinya akan sama seperti olahraga aerobik lain memicu paru-paru dan jantung bekerja lebih keras memompa oksigen ke seluruh tubuh. Latihan seperti ini cocok untuk menjaga kesehatan kardiovaskular.

Hanya saja untuk orang-orang dengan kondisi jantung sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter olahraga untuk merekomendasikan olahraga aerobik yang aman.

(fds/up)