Rabu, 27 Feb 2019 16:09 WIB

Fakta Penyakit Jantung Koroner: Ketahui Gejala dan Pengobatannya

Firdaus Anwar - detikHealth
Pembuluh darah yang menyempit jadi penyebab penyakit jantung koroner. (Foto: Thinkstock) Pembuluh darah yang menyempit jadi penyebab penyakit jantung koroner. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Penyakit jantung koroner adalah sebutan untuk salah satu jenis penyakit kardiovaskuler yang setiap tahunnya diperkirakan Badan Kesehatan Dunia (WHO) memakan korban 17,9 juta jiwa atau setara dengan 31 persen kematian di dunia.

Menurut WHO kebanyakan kasus penyakit jantung koroner sebetulnya bisa dicegah karena berhubungan erat dengan gaya hidup.

Nah supaya angka korban meninggal karena penyakit jantung koroner ini tidak terus bertambah, yuk pelajari fakta-fakta penyakit jantung koroner seperti dirangkum detikHealth dari berbagai sumber:



1. Penyebab penyakit jantung koroner

Penyakit jantung koroner terjadi ketika pembuluh darah di jantung mengalami penyempitan akibat penumpukan lemak dan plak yang lama-lama mengeras. Seiring berjalannya waktu pembuluh darah yang semakin sempit akan membuat aliran darah terganggu dan otot jantung tidak bisa mendapatkan oksigen yang dibutuhkannya.

Penyempitan pembuluh darah ini bisa terjadi karena faktor seperti kolesterol tinggi, hipertensi, merokok, kegemukan, hingga diabetes.

2. Gejala penyakit jantung koroner

Dikutip dari WebMD, saat darah semakin sedikit mengalir ke otot jantung maka seseorang bisa mengalami gejala nyeri di dada (angina). Biasanya gejala nyeri akan semakin sering muncul saat seseorang sedang berusaha melakukan aktivitas fisik, makan, kedinginan, atau stres.

Seseorang dengan penyakit jantung koroner juga bisa memiliki kesulitan untuk bernapas, mudah lelah.

Saat terjadi penyumbatan pembuluh darah total dampaknya dapat memicu serangan jantung ditandai dengan perasaan sesak di dada, sulit bernapas, dan tubuh berkeringat.



3. Pengobatan penyakit jantung koroner

Untuk mengobati penyakit jantung koroner dokter bisa melakukan prosedur memasang stent atau operasi bypass jantung.

Stent merupakan tabung logam yang dimasukkan ke arteri untuk membuat pembuluh darah jantung tetap terbuka. Sementara itu operasi bypass jantung dilakukan dengan dokter berusaha membuat "jalan pintas" pembuluh darah baru agar jantung bisa tetap mendapatkan suplai darah.

4. Pencegahan penyakit jantung koroner

Ada beberapa faktor risiko untuk penyakit jantung koroner yang tidak bisa kita kendalikan misalnya usia, kelamin, dan sejarah keluarga. Namun demikian bukan berarti penyakit jantung koroner ini sama sekali tidak bisa dicegah karena ada faktor pendukung lain yang bisa dihindari.

Mulai ubah gaya hidup dengan rajin olahraga dan hindari makanan yang tinggi lemak dan garam. Jangan lupa juga untuk jauhi rokok karena beberapa studi melihat kebiasaan ini berdampak buruk pada pembuluh darah.



Fakta Penyakit Jantung Koroner: Ketahui Gejala dan Pengobatannya
(fds/up)
News Feed