9 Langkah Hindari Susah Tidur di Malam Hari

ADVERTISEMENT

9 Langkah Hindari Susah Tidur di Malam Hari

Rosmha Widiyani - detikHealth
Kamis, 28 Feb 2019 18:55 WIB
Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk terhindar dari insomnia. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Susah tidur saat malam menjelang hingga dini hari kini bukan hal asing. Sayangnya, sulit tidur atau baru bisa tidur menjelang pagi berisiko mengganggu aktivitas sehari-hari misal sulit konsentrasi.

Dikutip dari situs National Sleep Foundation, kecukupan tidur bisa memperbaiki kualitas hidup. Mempertahankan pola tidur yang sama setiap hari bisa menjadi langkah awal. Berikut tips lain untuk memperbaiki kecukupan tidur setiap hari



1. Membuat jadwal tidur

Aturan yang dibuat sendiri ini harus diterapkan setiap hari termasuk saat libur. Jadwal membantu mengatur ritme tubuh sehingga lebih mudah tidur atau terjaga saat malam hari.

2. Lakukan relaksasi

Rutinitas sebelum tidur ini termasuk mengurangi sinar yang terlalu terang sebelum tidur. Hal ini memberi sinyal tubuh untuk memisahkan jam beraktivitas dan istirahat. Jam beraktivitas ini cenderung memicu stres, cemas, dan hal lain yang menyebabkan susah tidur.

3. Olahraga

Olahraga dengan intensitas tinggi atau rendah membantu tubuh lebih mudah istirahat di malam hari. Tentunya olahraga jangan dilakukan pada saatnya tidur, yang justru mengganggu jam istirahat.

4. Atur ulang kamar tidur

Kamar sebaiknya bersuhu sejuk serta bebas dari suara dan sinar yang bisa mengganggu tidur. Gangguan suara ini termasuk yang berasal dari orang lain yang tidur sekamar misal suara ngorok. Bila perlu gunakan tirai berwarna gelap, penutup mata, telinga, dan mesin yang mengeluarkan suara lembut misal kipas angin atau pelembab udara. Kamar dengan kondisi seperti ini lebih cocok untuk tidur.

5. Pilih kasur dan bantal yang nyaman

Umur pakai kasur dan bantal biasanya mencapai 9-10 tahun sebelum menjadi kurang nyaman. Kasur dan bantak sebaiknya diatur sedemikian rupa supaya mengundang keingin tidur, bebas alergi, dan mencegah jatuh bila terbangun di pagi hari.

6. Lebih banyak gunakan sinar alami

Bila memungkinkan, kamar tidur sebaiknya lebih banyak terpapar sinar matahari. Sinar yang terang, redup, hingga akhirnya hilang saat malam membantu mengatur irama sirkadian tubuh sehingga lebih mudah tidur dan bangun.

7. Hindari makan besar, rokok, dan alkohol

Alkohol, rokok, dan kafein berisiko mengganggu tidur sama dengan konsumsi makanan dalam porsi besar dan pedas. Hidangan ini bisa menimbulkan ketidaknyamanan pencernaan yang menyebabkan sulit tidur. Bila memungkinkan hindari makan besar 2-3 jam sebelum tidur, yang bisa diganti snack jika merasa masih lapar hingga 45 menit sebelum tidur.

8. Matikan perangkat elektronik

Bagi beberapa orang, sinar dari laptop dan perangkat gawai lainnya bisa mengganggu waktu tidur. Bila mengalami hal ini, segera matikan gawai dan ganti dengan aktivitas lain yang bisa memberi ketenangan misal membaca.

9. Jangan ragu ganti kamar atau ke dokter

Jika kesulitan tidur masih terjadi, jangan ragu mengatakan keluhan ini pada rekan sekamar. Partner bisa membantu suasana kamar menjadi lebih nyaman untuk tidur. Bila semua cara telah dicoba namun tidak berhasil, segera ke dokter untuk mendapat pertolongan yang lebih baik baik. (up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT