Jumat, 01 Mar 2019 14:53 WIB

Anatomi Otak Pria Beda, Sabar Saja kalau Sekali Panggil Nggak Langsung Noleh

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ada alasan ilmiah di balik suami atau anak laki-laki sulit dalam sekali panggil. Foto: iStock Ada alasan ilmiah di balik suami atau anak laki-laki sulit dalam sekali panggil. Foto: iStock
Jakarta - Ibu-ibu sering merasa kesal karena tidak bisa memanggil anak laki-laki atau suami hanya dalam sekali panggil? Jangan keburu marah atau berantem, ternyata ada si 'pelaku' di baliknya, yakni anatomi otak bernama corpus callosum.

Dihubungi oleh detikHealth, dr Aisah Dahlan menjelaskan corpus callosum merupakan serat saraf yang berada di tengah otak yang menghubungkan otak kiri dan kanan. Diketahui, wanita memiliki corpus callosum yang 30 persen lebih tebal dibanding pria, sehingga mampu mengerjakan lebih dari satu pekerjaan yang berbeda pada satu waktu atau disebut multitasking.


"Semakin tebal berarti otak kanan dan kirinya semakin tersambung lebih banyak. Kalau laki-laki karena lebih tipis, jadi laki-laki kalau mengerjakan sesuatu di depannya tuh, di atas 10 menit dia akan langsung konsentrasi pada pekerjaan di depannya dan pendengaran menurun. Jadi laki-laki kalau lagi fokus sama pekerjaannya dipanggil sekali-dua kali nggak akan denger dia, nggak akan noleh," terang dr Aisah melalui sambungan telepon, Jumat (1/3/2019).

dr Aisah mengatakan ketidakpahaman pada hal ini sering menjadi penyebab pertengkaran antara suami dan istri serta pada ibu dan anak-anak lelakinya. Penemuan tentang orpus callosum juga telah dilakukan oleh Alan dan Barbara Pease yang dituangkan dalam buku berjudul Why Men Don't Listen and Women Can't Read Maps.

"Jadi kalau kita paham, kita rileks aja kenapa sih, hahaha. Daripada manggil teriak-teriak mending dicolek aja kan. Berantemnya begitu terus kan, suami istri, ibu sama anak laki-lakinya padahal emang nggak denger, bukan karena dia acuh. Kasihan kan sebetulnya laki-laki, hahaha," pungkas wanita yang telah berkecimpung dalam rehabilitasi narkoba anak-anak sejak 1997 ini.


Anatomi Otak Pria Beda, Sabar Saja kalau Sekali Panggil Nggak Langsung Noleh
(frp/up)