Sabtu, 02 Mar 2019 12:12 WIB

Sandy Tumiwa Ditangkap karena Narkoba Golongan I, Kenali Jenis dan Bahayanya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pesinetron Sandy Tumiwa ditangkap polisi karena konsumsi narkoba. (Foto: Ismail) Pesinetron Sandy Tumiwa ditangkap polisi karena konsumsi narkoba. (Foto: Ismail)
Jakarta - Seleb Sandy Tumiwa belum lama diciduk oleh polisi karena diduga mengonsumsi narkoba. Dari keterangan rilis Polsek Menteng, mantan suami Tessa Kaunang itu ditangkap pada 1 Maret lalu dan dijerat dengan Pasal 112 ayat 1 UU Nomor 35 Tahun 2009 mengenai narkoba golongan I.

"Pelaku diindikasi memiliki, menyimpan, menguasai narkotika Golongan 1 bukan tanaman secara tanpa hak dan melawan hukum," kata Kapolsek Menteng AKBP Dedy Supriadi, dikutip dari CNN.

Ada 4 pembagian jenis narkotika menurut Badan Narkotika Nasional. Obat-obatan yang termasuk dalam golongan I beberapa di antaranya LSD (Lysergic acid diethylamide), DOM, ekstasi, heroin, sabu, dan zat sejenis yang menyebabkan kecanduan tinggi.



Pemakaian zat tersebut memberikan efek halusinasi bagi penggunanya serta merubah perasaan secara drastis. Efek buruk dari penyalahgunaannya bisa menimbulkan kecanduan yang mematikan.

Selain risiko dijerat hukum, penggunaan narkoba juga menyebabkan akibat yang sangat serius, dengan konsekuensi jangka panjang. Bahkan pada dosis tinggi, pecandu narkoba dapat merasa kejang, koma dan kematian.

Efek samping penyalahgunaan narkoba meliputi:
- Halusinasi
- Melemahkan sistem kekebalan tubuh
- Detak jantung tidak normal
- Mual dan sakit perut
- Penurunan nafsu makan dan berat badan
- Kerusakan hati dan gagal hai
- Kejang, stroke, kerusakan otak
- Kematian

Tonton video: Sandy Tumiwa Ditangkap karena Narkoba
[Gambas:Video 20detik] (kna/up)